Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Anime yang dilarang di Dunia dan Indonesia, Alasan dicekal?

Anime yang dilarang di Dunia - Nggak dipungkiri bahwa serial Animasi "khususnya Anime Jepang" pada dasarnya adalah tontonan khusus dewasa, setidaknya rata-rata Anime ditargetkan kepada penonton berusia minimal 18 tahun, yang artinya tidak cocok untuk semua umur.

Hal ini tentunya menjadi alasan yang kuat / alasan Anime dikecal di Indonesia. Kerena, jika ditayangkan jelas akan memberi dampak negatif kepada anak-anak dibawah umur "yang sangat tidak pantas".

Selain Naruto, One Piece, dan Detective Conan, sejauh ini sudah ada banyak sekali judul-judul Anime Jepang yang dilarang tayang di TV Indonesia, baik serial Anime yang benar-benar tidak layak tayang, seperti Anime wik wik, sampai Anime yang pernah tayang tetapi dicekal karena beberapa alasan.

# Anime yang dilarang di Dunia

Jika sobat bertanya tentang alasan Anime dicekal di Indonesia, tentunya ada alasan-alasan tertentu, dimulai dari adegan-adegan kekerasan berlebihan, karakter Anime yang terlalu vulgar, dan berbagai macam alasan lainnya. Berikut adalah list Anime yang pernah ditayangkan di TV Indonesia tapi dicekal / berhenti tayang kerena alasan tertentu...

1. Rave Master

Anime Jepang yang dilarang tayang di Indonesia

Salah satu Anime terfavorit di Indonesia, tapi sangat disayangkan karena Rave Master juga termasuk salah satu Anime yang dilarang ditonton anak-anak, itu sebabnya meski pernah tayang di global TV, tetapi harus dikecal / diberhentikan karena alasan tertentu.

Lantaran Rave Master terlalu sering menampilkan adegan kekerasan yang tidak layak untuk anak-anak, ditambah lagi pakaian karakter cewe yang terlihat seksi / terlalu vulgar.

2. Pichi Pichi Pitch

alasan anime dicekal di indonesia

Pichi Pichi Pitch juga salah satu Anime yang pernah tayang di global TV namun sudah dilarang tayang. Pichi Pichi Pitch berhenti tayang di TV Indonesia tak lain lagi karena karakter-karakter wanita yang terlalu mempesona dan dianggap vulgar, tentu saja merupakan sesuatu yang berbahaya apabila ditonton oleh anak kecil.

3. Death Note

film animasi yang dilarang tayang

Setahu mimin, Death Note merupakan Anime yang belum pernah tayang di TV Indonesia, dan kabarnya Death Note pernah akan ditayangkan di televisi Indonesia tetapi harus gagal tayang lantaran tema cerita yang terlalu berbahaya dan nggak cocok buat semua umur.

Cerita Anime Death Note sangat berhubungan dengan pembunuhan berantai, hal ini sudah pasti menjadi alasan yang cukup kuat untuk dicekal oleh televisi. Jika kalian bertanya apakah Anime layak menjadi tontonan anak, maka cukup sulit untuk menjawab pertanyaan tersebut, dikarenakan hampir semua Anime memiliki scene-scene yang berbahaya untuk anak-anak.

Meski demikian tentunya ada juga beberapa Anime yang dikhususkan / ditargetkan untuk anak dibawah umur, seperti yang pernah mimin ListPoin bahas pada artikel sebelumnya, atau bisa kalian baca disini!

4. Bleach

anime yang pernah ditayangkan di tv indonesia

Bleach adalah Anime yang unik secara alur cerita, tetapi sayangnya Bleach tidak layak untuk ditonton anak anak, inilah yang menjadi alasan mengapa Bleach harus berhenti tayang di global TV.

Dampak negatif bagi anak disini bukan hanya masalah kekerasan dan pertempuran sadis saja, namun juga pakaian wanita yang dinilai terlalu vulgar, sehingga Bleach pun dicekal dari televisi Indonesia.

5. Inuyasha

anime yang pernah tayang di global tv

Inuyasha adalah Anime isekai bertema Time Travel, yang terbilang unik pada jalan ceritanya, karena menggabungkan dunia masa kini dan dunia masa lalu, yakni adalah karakter Kagome yang berasal dari dunia masa kini / dunia modern, serta karakter Inuyasha yang berasal dari masa lalu / 500 tahun yang lalu.

Inuyasha dahulu sangat booming di televisi Indonesia, bahkan cukup mendunia bagi anak 90-an. Meski nggak menghadirkan scene-scene vulgar, Inuyasha tetap dinilai kurang pantas lantaran adegan membunuh monster yang terlalu sadis, sehingga Anime ini pun berhenti tayang selama-lamanya.

6. Crayon Shincan

Anime Jepang yang dilarang tayang di TV Indonesia

Film Animasi yang dilarang tayang berikunya adalah Crayon Shincan. Siapa sih yang tak kenal dengan saingan dari Doraemon ini?, Crayon Shincan dahulu pernah tayang di televisi Indonesia, yakni RCTI dan global TV, bahkan Crayon Shincan tergolong Anime yang bertahan lama di TV Indonesia.

Tetapi setelah lama kemudian, Crayon Shincan dicekal oleh beberapa stasiun TV Indonesia, hal ini karena banyak adegan dimana Shincan menggoda wanita / yang berarti perlakuan mesum secara tidak langsung. Selain hal tersebut, masih ada beberapa hal lagi yang menjadi alasan kuat terkait dicekalnya Anime ini.

7. Rurouni Kenshin / Samurai X

anime yang dilarang ditonton anak-anak

Nggak cuma di Indonesia, bahkan Rurouni Kenshin pernah masuk sebagai Anime yang dilarang di dunia / Anime yang dilarang di jepang itu sendiri, atau lebih tepatnya Anime yang tidak boleh tayang di televisi manapun. Namun pada akhirnya tetap ditayangkan di beberapa negara, tetapi dengan adegan-adegan yang penuh dengan sensor.

Rurouni Kenshin merupakan Anime berlatar samurai, bisa dibilang adegan-adegan Anime ini cukup sadis, yang mana karakter utama berperan sebagai pembunuh. Rurouni Kenshin atau yang biasa kita kenal dengan judul samurai X ini dahulu pernah tayang di TV Indonesia, tetapi tak bertahan lama, sampai akhirnya dicekal secara penuh oleh stasiun televisi.

8. Air Gear

anime yang dilarang di jepang

Air Gear juga salah satu dari sekian banyak Anime yang dilarang ditonton anak-anak. Dan secara tidak langsung, hal inilah yang menjadi penyebab atas dicekalnya serial Air Gear oleh televisi Indonesia.

Air Gear juga pernah tayang di Indosiar dan cukup menggemparkan anak-anak Indonesia pada saat itu, tetapi karena banyak adegan tidak senonoh pada akhirnya harus berhenti tayang.

Menurut mimin sangat wajar sih, mengingat Anime Air Gear ini juga memiliki genre Ecchi yang bisa memberi "dampak negatif" kepada para penontonnya.

Baca Juga:


Nah itu dia, beberapa judul Anime Jepang yang dilarang tayang di Indonesia. Ada yang mau nambahin?. Oh iya, sebenarnya Anime seperti Naruto dan Detective Conan juga sudah dilarang, namun pihak stasiun TV memilih untuk tetap menayangkannya. Hanya saja, ada beberapa episode / scene tertentu yang tidak ditayangkan ataupun disensor.