Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

33 Rekomendasi Game RPG Android Terbaik, Harus Coba!

RPG adalah genre permainan terpopuler di dunia, dalam RPG, pemain tak lagi menjadi penonton, melainkan protagonis utama dalam dunia fiksi fantastis. Perbedaanya dengan game lain ialah, kita diberi kendali penuh atas karakter yang diperankan, mulai dari gaya bermain hingga alur cerita-nya.

Tak hanya itu, variasi RPG juga sangat beragam, mulai dari mengusung konsep anime Jepang hingga setting unik. Baik dari segi grafik maupun jalan cerita, setiap RPG menawarkan keseruan tersendiri alias "berbeda-beda", sehingga mudah disesuaikan dengan preferensi pemainnya.

Satu hal yang membuat RPG begitu menarik adalah kebebasannya, pilihan permainan-nya juga lengkap, misalnya berfokus pada alur cerita, pertarungan, atau eksplorasi, dimana setiap tindakan bisa memengaruhi ending dari permainan tersebut. 

Meski begitu, tak semua game RPG dirancang pada fokus story. Karena banyak dari role playing game yang justru hanya berkonsep sederhana, misalnya pertarungan real-time atau semacamnya.

# Rekomendasi Game RPG Android Terbaik

Kalau ingin keseruan berpetualang ke dunia RPG, tentu ada sejumlah opsi yang bisa kamu temui. Berhubung, ListPoin.com sudah menyusun daftar game RPG terbaik yang layak banget dicoba. Penasaran? Yuk, simak list lengkap berikut ini!

1. Eternium "support offline"

Eternium RPG

Eternium, salah satu game RPG Android terbaik yang juga support mode offline. Pengalaman yang ditawarkan pun sangat menarik!

Dalam Eternium, kamu akan masuk ke dunia fantasi penuh tantangan. Sebagai seorang pahlawan, misimu adalah mengalahkan penjahat dan menyelamatkan dunia. Tapi, jangan khawatir, karena kamu juga nggak akan sendirian. Disini ada banyak karakter yang juga siap mendampingi petualanganmu.

Daya tarik utama Eternium adalah sistem pertarungan super dinamis. Kamu bisa menggunakan berbagai senjata dan keterampilan untuk menghadapi musuh. Selain itu, bisa melakukan kustomisasi karakter dengan item / peralatan tersedia. Dengan meningkatkan level atau senjata, karaktermu akan semakin kuat dalam pertempuran.

2. EverBattle – Nonstop Fight

EverBattle Nonstop Fight

Ada banyak game RPG Android terbaik di play store, tetapi EverBattle menonjol sebagai salah satu yang terpopuler. Di sini, kamu tidak akan menemui kebosanan, karena setiap pertarungan di penuhi aksi epik sekaligus menghibur. 

Mulai dari hutan lebat hingga gunung berapi berbahaya, serta dipenuhi dengan rahasia menarik dan harta karun siap menunggu untuk dijelajahi.

Yang membuat EverBattle begitu menarik adalah pertarungan real-time dengan tantangan nyata. Kamu harus menggunakan strategi sekaligus keterampilan secara tepat untuk mengalahkan musuh. Tersedia berbagai karakter unik dengan beragam skill keren juga, seperti ksatria gagah berani dan penyihir misterius.

3. Beast Quest

EverBattle Nonstop Fight

Rekomendasi game RPG Android terbaik berikutnya adalah Beast Quest! Game ini membawa pemain ke petualangan seru melawan monster, lalu menyelamatkan Avantia dari cengkeraman penyihir jahat.

Tidak cuma bermodalkan grafis 3D super kece, wilayah-nya juga terbilang luas, mulai dari hutan lebat, rawa-rawa berbahaya, pegunungan. Desain monsternya pun beragam serta detail, menjadikan setiap pertempuran semakin menarik.

Pemain diberi akses ke senjata, armor untuk meningkatkan kekuatan. Gameplay-nya mudah dipahami dengan sistem pertempuran hack-and-slash menyenangkan. Kamu bisa melumpuhkan musuh dengan kombo serangan dan melepaskan skill spesial. 

Menariknya lagi, Beast Quest juga menawarkan kebebasan menjelajahi dunia Avantia untuk menemukan berbagai rahasia. Ada banyak peti harta karun yang tersembunyi, NPC yang memberikan misi sampingan, dan ramuan untuk meningkatkan kemampuan.

4. Nonstop Knight

Nonstop Knight

Mau jadi ksatria pemberani yang tak pernah berhenti berpetualang? Cobalah Nonstop Knight di Android. Game ini membawamu ke dunia fantasi penuh monster dan bahaya, di mana misimu adalah mengalahkan raja iblis jahat.

Nonstop Knight berbeda dari game RPG lainnya dengan gameplay auto-battler. Ksatriamu akan terus bergerak menyerang secara otomatis, tapi kamu tetap harus memilih skill & equipment yang tepat untuk strategimu. Serunya terletak pada adaptasi terus-menerus dengan musuh yang semakin kuat sampai menemukan kombinasi terbaik.

Menjelajahi dunia luas dengan berbagai dungeon dan level. Tiap dungeon punya tema tantangan tersendiri, Selain itu, banyak item equipment, bisa kamu temukan untuk memperkuat ksatriamu.

5. Blade Warrior

Blade Warrior RPG

Game RPG terbaik Android selanjutnya mengajakmu menjelajahi berbagai dungeon dan melawan monster. Grafis 3D yang detail, animasi super mulus juga menjadi poin tambah, sementara gameplay hack-and-slash yang seru plus menantang akan membuatmu terus terpaku pada layar. Kontrolnya mudah dipahami, sehingga lebih mudah fokus pada aksi strategi pertempuran.

Beragam karakter dengan kemampuan beserta gaya bertarung berbeda tentunya akan kamu temui juga disini. Semakin sering bermain, semakin banyak pula pilihan karakter ataupun senjata yang bisa ditemukan. Kita perlu menggunakan skill dan strategi untuk mengalahkan sekaligus memperoleh loot berharga.

6. Battleheart Legacy

Battleheart Legacy RPG

Salah satu game RPG terbaik untuk Android yang patut kamu coba. Dalam game ini, kamu akan menjadi komandan pasukan elit yang berjuang dalam pertempuran epik melawan pasukan kegelapan. Pengalaman RPG yang disajikan sangat imersif, terutama dengan adanya pertempuran real-time penuh strategi.

Hal menari dari lain darinya adalah: kemampuan untuk membangun pasukan impianmu, dimana bisa memilih dari 12 kelas karakter unik, masing-masing punya kemampuan gaya bertarungnya sendiri. Dari ksatria gagah hingga penyihir misterius, kamu diperbolehkan menggabungkan kelas-kelas ini untuk menciptakan strategi sempurna.

Dari sisi pertarungan, disini tidaklah sekadar tap-tap layar seperti game RPG lainnya, melainkan pertempuran unik secara real-time. Kecepatan strategi akan menjadi kunci dalam mengalahkan musuh, sementara penggunaan cerdas kemampuan karakter dan lingkungan sekitar juga memberi keuntungan tambahan.

7. Ben 10 Xenodrome

Ben 10 Xenodrome rpg

Game role playing terbaik android kali ini pun nggak kalah serunya! Dalam game ini, kamu akan memerankan Ben Tennyson, seorang anak laki-laki yang memiliki Omnitrix, jam tangan canggih yang memungkinkannya berubah menjadi berbagai alien. 

Tugas utamamu adalah melindungi Bumi dari serangan alien jahat dan menyelesaikan berbagai misi khusus.

Fitur unik dari Xenodrome adalah sistem pertarungan berbasis giliran, serta berhadapan dengan alien yang punya kekuatan serta kelemahan berbeda. Untuk mengalahkan mereka, kamu harus memilih alien secara tepat, juga menggunakan strategi cerdas.

Setiap alien dalam game ini memiliki kemampuan berbeda. Misalnya, Four Arms dengan kekuatan fisik luar biasa, sementara Heatblast mampu mengeluarkan api panas. Penting untuk memahami karakteristik setiap alien dan menggunakannya secara efektif pada pertempuran.

8. Shadowrun: Dragonfall DC

Shadowrun Dragonfall DC rpg

Mengajak pemain menjelajah di dunia cyberpunk penuh misteri. Di sini, manusia, elf, ork hidup berdampingan sambil menjalani kehidupan di tengah teknologi canggih dan sihir kuno. 

Konspirasi korporasi mengancam kota Berlin pada tahun 2054, dan sebagai seorang shadowrunner, pemain bertugas dalam menyelesaikan berbagai misi berbahaya.

Berpetualang di jalanan Berlin yang gelap bukanlah hal biasa! Pemain akan menjumpai beragam karakter lain, serta dihadapkan pada pilihan penting 'dimana bisa mempengaruhi arah cerita. Keputusan yang diambil harus dipikirkan secara matang, supaya tidak terjebak dalam intrik konspirasi kota.

Bisa membangun tim shadowrunner bersama anggota lain, tentu dengan keunikannya masing-masing. Setiap karakter di dalam tim memiliki kisah bervariasi, sehingga kerja sama tim menjadi kunci dalam menyelesaikan misi-misi yang dihadapi.

9. Legendary Warrior

Legendary Warrior rpg

Menawarkan gameplay yang mengutamakan pertempuran aksi. Kamu akan menghadapi monster-monster dengan kekuatan beragam tingkat kesulitannya, agar bisa mengalahkan mereka, kamu harus memanfaatkan berbagai skill tersedia didalamnya.

Dunia pada game ini sangatlah luas, serta dipenuhi rahasia yang menarik untuk diungkap. Kamu bisa menjelajahi beragam tempat mulai dari desa-desa kecil hingga kerajaan-kerajaan besar. Setiap tempat menyimpan quest dan sidequest menantang yang dapat di selesaikan.

Selain itu, juga memungkinkan upgrading kekuatan prajurit seiring dengan kemajuan dalam permainan. Seperti game role playing pada umumnya, tentunya mencari senjata dan armor baru sudah menjadi hal umum.

10. SoulCraft

SoulCraft  rpg offline

Sebuah game yang mengajak pemainnya menjelajahi dunia fantasi sebagai malaikat perkasa, melawan gerombolan iblis jahat demi menyelamatkan umat manusia. Game ini bakal menjamin mgasih pengalaman seru bermodalkan grafis 3D menarik, desain karakter detail, dan animasi halus.

Dalam SoulCraft, pemain dapat mengumpulkan macam-macam peralatan untuk meningkatkan kekuatan malaikatnya, menambah keseruan dalam bermain dan membuat ingin terus menjelajahi seluruh isi permainan.

Salah satu keunggulan SoulCraft adalah fitur offline-nya yang praktis, ini memungkinkanmu bermain tanpa perlu terkoneksi internet. Hal ini sangat menguntungkan bagi mereka seringkali terkendala terkait koneksi internet.

Jika sedang mencari game rpg android offline, mungkin gim kali ini perlu kamu pertimbangkan juga.

11. Dungeon Hunter 5

Dungeon Hunter 5 rpg offline

Salah satu rekomendasi game RPG Android adalah Dungeon Hunter 5. Game ini menggabungkan aksi hack-and-slash seru dengan elemen RPG. Kamu diperbolehkan memilih dari beragam karakter unik, masing-masing sudah pasti diberkahi kekuatan tersendiri.

Petualangan akan berfokus di berbagai lokasi eksotis, seperti gua bawah tanah gelap hingga kastil megah. Di setiap lokasi, kamu harus menghadapi para musuh tentunya, termasuk monster dan bos kuat mereka.

Untuk menghadapi musuh-musuh tersebut, kamu bisa memanfaatkan skill dan senjata dengan cerdik serta akurat. Langkah selanjutnya ialah mengembangkan karakter, senjata, beserta perlengkapan, sehingga karakter semakin tanggug.

Selain itu, terdapat juga fitur eksplorasi dunia yang luas dengan banyak misi sampingan ataupun rahasia menarik untuk diungkap.

12. Shadowrun Returns

Shadowrun Returns cyberpunk

Gim ini mengusung mekanisme permainan berbasis giliran. Dalam menjalankan misi, diperlukan strategi dan penggunaan keterampilan karakter secara bijaksana. Ragam karakter yang dapat dimainkan memberikan variasi kemampuan & keahlian unik.

Tidak hanya itu, interaksi dengan NPC, dialog yang tersedia juga menjadi salah satu fitur menarik dalam permainan ini. Setiap pilihanmu akan berdampak pada perkembangan cerita serta membuka kemungkinan akhir cerita berbeda.

Grafis pixel art yang kaya dengan detail serta desain karakter super menawan akan membawa pemain terjun ke dalam dunia khas cyberpunk. Nuansa musik dan efek suara juga turut memperkuat atmosfer di permainan ini.

13. Vampire's Fall Origins RPG

Vampire's Fall Origins RPG

Game RPG offline Android yang mengajak pemainnya ke dunia fantasi gelap. Di sana, kamu menjelajahi desa-desa terpencil, hutan lebat, dan gua-gua misterius sebagai vampir yang baru saja bangkit dari kuburnya.

Petualangan dimulai dengan membuat karakter vampir, memilih ras sampai keahlian sesuai. Setelah itu, perjalananmu berawal di desa terpencil tempat kamu dilahirkan. Di sini, kita diperlihatkan sekaligus belajar tentang sejarah vampir, menyelesaikan misi untuk penduduk desa, dan meningkatkan kekuatanmu.

Salah satu aspek menarik dari Vampire's Fall: Origins adalah sistem pertarungan taktisnya. Setiap pertempuran berlangsung secara real-time, di mana kamu harus menggunakan skill & strategi, hingga memanfaaatkan mantra sihir, atau bahkan bersembunyi di balik bayangan 'sebagai upaya menghindar dari serangan.'

14. Crashlands

Crashlands rpg

Terjebak di sebuah planet asing, dikelilingi oleh makhluk-makhluk aneh berbahaya, hanya dengan sebuah peti perkakas, mungkin terdengar menakutkan. Tapi, dalam Crashlands, pengalaman itu berubah menjadi petualangan menantang hingga penuh humor di dunia RPG Android.

Kamu akan memerankan tokoh Flux Dabes, seorang pengantar barang antargalaksi yang terdampar di planet bernama Woanope. Tugas utamamu adalah memperbaiki pesawat untuk melanjutkan perjalanan, namun, siapa sangka petualangan tak terduga menanti di planet ini yang dipenuhi misteri.

Woanope menawarkan berbagai lanskap untuk dijelajahi, mulai dari hutan lebat hingga gurun tandus, dengan makhluk-makhluk unik berbahaya. Kamu akan berinteraksi dengan alien ramah, juga berhadapan dengan monster, sementara membangun basis untuk bertahan hidup dan meningkatkan kemampuan dalam pertarungan.

15. Edge of Tomorrow

Edge of Tomorrow rpg

Game ini, diangkat berdasarkan film berjudul sama, mengangkat kisah William Cage, seorang prajurit yang terperangkap dalam siklus waktu setelah terbunuh dalam pertempuran melawan alien Mimic. Di sini, bukan sekadar refleks yang diperlukan, tapi juga strategi pemahaman pola 'terkait serangan musuh.'

Setiap kematian membawa pemain kembali ke awal hari dengan wawasan baru tentang musuh dan medan perang. Dengan pengetahuan ini, pemain dapat merancang strategi lebih matang supaya mudah mencapai tujuan di setiap level.

Tersedia beragam peralatan, hal ini bisa dikumpulkan atau dimodifikasi guna meningkatkan efektivitas bertempur. Visualisasi yang menakjubkan dengan desain karakter alien menarik semakin memperkaya keseruan bermain.

16. Powerlust Action RPG Offline

Powerlust Action RPG Offline

Powerlust merupakan karya seorang pengembang berdedikasi tinggi. Game RPG Android offline dengan grafis pixel art detail dan atmosfer gothic yang cukup menegangkan, dunia kelam dalam permainan ini benar-benar terhidup, ini semakin asik berkat Musik orkestra megah didalamnya.

Sistem keterampilan (skill), penguasaan (mastery) yang fleksibel memberikan kebebasan untuk menciptakan kombinasi mantra sesuai dengan gaya bermainmu. Tak ada batasan, sehingga dapat membangun karakter sesuai dengan preferensimu sendiri.

Petualangan serasa berkesan serta mengasyikan, ini karena setiap dungeon diacak secara procedural. Dengan demikian, tiap kali kamu menjelajahi, akan ada tantangan baru menunggumu. Tak lupa juga sebuah rahasia tersembunyi, jebakan mematikan, hingga menghadapi bos kuat demi memperoleh harta karun legendaris.

17. Darkness Rises

Darkness Rises rpg

Pada permainan "Darkness Rises", kita berada pada situasi perang melawan kumpulan iblis yang mengancam dunia. Peran kita disini sebagai pahlawan telah ditetapkan untuk mengakhiri ancaman tersebut. Perjalanan membawa kita menjelajahi beragam lokasi demi mengungkap misteri di balik kebangkitan iblis.

Sistem pertarungan di gim ini terbilang dinamis. Dalamnya, diperbolehkan memilih karakter apapun, dimana semua punya kemampuan unik, seperti Warrior, Berserker, dan Wizard. Setiap karakter pun dibekali gaya bertarung serta kombo bervariasi.

Selain menyuguhkan pertarungan yang intens, "Darkness Rises" juga ngasih kesempatan untuk menjelajahi banyak hal menarik, termasuk dungeon, raid, dan PvP.

# Game Anime RPG Android

Masih termasuk list game role playing terbaik Android, namun kali ini sedikit berbeda. Letak keunikannya ialah dalam visual, chara, dan grafik yang khas dengan anime jepang. Langsung aja simak sob!

1. The Seven Deadly Sins

the seven deadly sins

Kamu pasti terpesona dengan grafis 3D yang mengagumkan disini!. Desain karakternya sangat sesuai animenya, Animasi skillnya cukup memanjakan mata. Meskipun gameplaynya berbasis RPG turn-based yang mudah dipahami, namun tetap menarik karena berkonsep strategi.

Petualangan kita di Britania akan mengikuti alur cerita animenya secara langsung. Bersama Elizabeth dan Meliodas, melakukan pencarian anggota Seven Deadly Sins lainnya, juga menghadapi penjahat yang dipercaya mengancam kerajaan. Di samping itu, banyak quest, event, dungeon seru untuk dijelajahi.

Yang membuat Grand Cross begitu menarik adalah koleksi karakternya beragam. Kamu bisa mengumpulkan semua karakter favoritmu dari anime tersebut, lalu membangun tim terkuat untuk bertarung. Selain itu, tersedia mode Story, PvP, Guild Battle, dan masih banyak lagi yang bisa kamu eksplorasi.

2. Honkai Star Rail

Honkai Star Rail

Perjalanan epik melintasi galaksi di atas Astral Express, sebuah kereta antar-bintang yang mengantarkan para Trailblazer (sebutan bagi pemain) ke destinasi-destinasi berbeda di berbagai dunia. Di tiap planet yang mereka singgahi, kisah menarik, kekayaan budaya, dan tantangan-tantangan berbahaya menanti untuk dihadapi.

Dibandingkan dengan game Honkai lainnya, Star Rail mengadopsi sistem pertarungan bergiliran yang tidak kalah menariknya. Para pemain diperkenalkan pada karakter-karakter unik dengan kemampuan khusus, bisa diatur sedemikian rupa untuk membentuk strategi.

Di dalam dunia luasnya, ada segudang misteri menunggu untuk diungkap. Kamu bisa menjelajahi beragam planet, menemukan harta karun tersembunyi, dan menyelesaikan misi-misi sampingan seru.

3. Ragnarok Origin Global

Ragnarok Origin Global

Kamu masih ingat dengan Ragnarok Online, bukan? Game MMORPG legendaris yang mengisi hari-hari masa muda kita. Sekarang, kegembiraan itu bisa kita nikmati lagi melalui Ragnarok Origin Global, versi resmi untuk perangkat mobile yang menghadirkan kilas balik mengharukan.

Saat memasuki game, pengguna disambut oleh grafis 3D penuh warna, karakter pun didesain sangat imut dan menawan, membawa kita kembali ke masa-masa petualangan di Ragnarok Online dulu. Midgard, dengan segala keunikannya, dari keheningan Prontera hingga keramaian Einbroch, siap untuk dijelajahi.

Seperti pada gim ini, menampilkan beragam kelas karakter ikonik, mulai dari Swordman, Mage, Archer, sampai Thief. Dimana setiap kelas punya ciri khas serta keahlian tersendiri. Kamu bisa bereksperimen dan menemukan kelas yang paling cocok dengan gaya bermainmu.

4. Tower of Fantasy

Tower of Fantasy

Saat masuk ke dalam dunia game ini, pengalamanmu akan dihiasi oleh grafis 3D ciamik. Detail karakter dan lingkungannya tampak begitu memukau, disertai dengan efek visual mengagumkan. Tak lupa juga, trek musik dinamis turut menyemarakkan petualanganmu.

Di dalam permainan ini, kamu memiliki akses beragam senjata dan tokoh dengan keunikan masing-masing. Tak hanya itu, terdapat banyak quest serta misi yang menunggu untuk diselesaikan, sementara kamu juga diberi kebebasan dalam menjelajahi seluruh dunia Aida.

Seperti halnya game RPG lainnya, Tower of Fantasy juga mengusung sistem gacha untuk memperoleh karakter ataupun senjata baru. Dengan berbagai pilihan banner gacha tersedia, kamu bisa mencoba keberuntunganmu. 

Selain itu, beberapa akses juga bisa didapatkan secara gratis melalui pencapaian quest atau misi yang berhasil di selesaikan.

5. Laplace M

Laplace M

Sebuah role playing game anime dengan grafis 3D memukau, ini mengajak para pemainnya memasuki dunia anime realistis. Setiap sudut dunia Laplace dipenuhi dengan karakter imut dan beragam kostum, menciptakan dorongan untuk terus menjelajahi hingga mengeksplorasi.

Dalam Laplace M, pemain diberikan beragam pilihan kelas karakter menarik, mulai dari Warrior gagah berani, Mage penuh misteri, hingga Cleric berhati mulia. Tiap kelas memiliki keunikan dalam kemampuan dan gaya bermain, memungkinkan pemain memilih sesuai dengan preferensi mereka.

Tidak hanya tentang pertempuran ataupun petualangan saja, Laplace M juga menawarkan fitur sosial nggak biasa. Mulai dari membentuk guild, menjalin persahabatan dengan pemain lain, hingga menemukan cinta sejati dengan sistem pernikahan berkesan.

6. Genshin Impact

Genshin Impact

Adalah game RPG anime yang bisa kamu mainkan di Android. Gim ini tidak terlalu berbeda dengan permainan open world pada umumnya, tentunya memiliki dunia luas, memungkinkan kamu menjumpai banyak tempat menarik, seperti padang rumput atau perkotaan.

Salah satu keunikan Genshin Impact adalah banyaknya karakter anime yang bisa dimainkan, setiap karakter memiliki kemampuan dan kepribadian unik juga. Kamu dapat memilih apa saja sesuai dengan gaya bermainmu, lalu membentuk tim untuk menjelajahi dunia Teyvat.

Pertarungan dalam gim kali ini sangatlah seru, adapun berbagai macam elemen dan strategi serangan yang bisa dimanfaatkan, khususnya pada pertempuran. Selain itu bisa dimainkan gratis di smartphone Android, PC, atau PlayStation.

7. Grand Summoners - Anime RPG

Grand Summoners - Anime RPG

Game ini seakan membawa kita kembali ke masa lalu, di era RPG pixelated 16-bit, tapi dengan sentuhan kekinian.

Cerita berlokasi di Raktehelm, sebuah dunia yang menjadi panggung pasukan iblis demi mengancam kedamaian. Peranmu sebagai Summoner, pemanggil pahlawan legendaris dari berbagai dunia, sangatlah vital.

Meski menawarkan gameplay sederhana namun terbilang menantang, dimana pertarungan real-time memerlukan keterampilan dalam mengatur tim empat karakter, masing-masing dengan kemampuan unik, player harus memadukan-nya secara cerdas untuk mengatasi lawan.

Keberagaman karakter menjadi salah satu daya tarik utama dari Grand Summoners. Dari karakter asli hingga tokoh-tokoh terkenal dari anime dan manga seperti "One Punch Man" dan "Re:ZERO", pilihan karakter yang bisa dikumpulkan sangatlah beragam.

8. S.O.L - Stone of Life EX "offline"

Stone of Life EX rpg

Gim ini ngajak kalian menjelajahi berbagai tempat, seperti dungeon dan hutan belantara penuhi monster. Disini, kamu bisa menguji kemampuan bertarungmu melalui pilihan senjata ataupun sihir untuk menyelesaikan misi, serta mengumpulkan harta berharga.

Terdapat lima karakter unik dengan keahlian berbeda, kita diperbolehkan mengembangkan kemampuan karakter, memperoleh keterampilan baru, serta melengkapi mereka dengan perlengkapan pelindung, sehingga meningkatkan skill dalam bertempur.

Stone of Life EX pun membawa alur cerita yang mengundang untuk diikuti, memasuki perjalanan epik pahlawan yang berjuang demi menyelamatkan dunia dari ancaman kegelapan. Kontrol dalam game ini juga mudah dipahami, memungkinkanmu untuk bergerak, menyerang, dan menggunakan keterampilan dengan lancar.

Hal paling menarik disini adalah ketersediaan offline mode, sehingga memungkinkan dimainkan tanpa perlu terhubung internet.

9. Kritika: The White Knights

Kritika The White Knights

Dalam game anime RPG Android, Kritika terdapat 20 karakter unik yang disebut Ksatria, masing-masing dengan keahlian berbeda, salah satunya adalah Eclair, seorang penyihir lincah dengan kemampuan teleportasi dan serangan elemen mematikan, atau kehebatan khusus seperti skill pedang, sihir, serta seni bela diri.

Petualangan di Kritika tertuju pada dunia fantasi, di sana, pemain menghadapi monster ikonik seperti goblin hingga naga raksasa. Setiap pertarungan membutuhkan strategi beserta kombinasi skill yang tepat.

Semakin sering bermain, semakin kuat Ksatrianya. Meningkatkan level, memperkuat equipment, dan mempelajari skill baru adalah kunci untuk menjadi lebih efektif dalam pertempuran. Selain itu, terdapat juga sistem PvP, hal ini memungkinkan kita menguji kemampuan melawan pemain lain di seluruh dunia.

10. Seed III: Heroes in Time

Seed III - Heroes in Time

Gim kali ini menonjol sebagai salah satu game role playing terbaik Android dengan ciri visual anime, ini menawarkan pertempuran taktis seru. Dalam game ini, pemain dihadapkan pada situasi kacau yang memerlukan strategi mutlak, seperti mengatur formasi tim serta memanfaatkan kekuatan unik setiap pahlawan.

Perjalanan menjelajahi berbagai lokasi era memperkaya konsep gameplay itu sendiri, dimulai dari mencari petunjuk yang dapat mengubah takdir para pahlawan. Setiap sudut dunia disini juga menyimpan misteri tersembunyi juga menunggu dipecahkan.

Kisah yang disajikan dalam Seed III sangat emosional. Melalui perjuangan para pahlawan, pemain dapat merasakan betapa mendalamnya upaya mereka dalam menyelamatkan dunia dari kehancuran.

11. CHAOS RINGS III

CHAOS RINGS III rpg

Menempatkan pemain dalam peran Nasca, seorang pemuda yang memimpikan petualangan. Bersama kawan-kawannya, ia memulai perjalanan mencari harta karun legendaris di planet Marble Blue. Di perjalanan, beragam karakter menarik dan monster berbahaya menantang mereka, sambil mengungkap misteri dunia.

Gameplay-nya menggabungkan unsur-unsur klasik RPG dengan sistem pertempuran inovatif, pertarungan berlangsung secara real-time, ini perlu kontrol karakter dalam memanfaatkan skill secara cerdas. Sistem "Geneforge" memungkinkan kita menggabungkan gen monster untuk menciptakan tokoh tangguh.

Desain karakternya khas, dimana dunia Marble Blue digambarkan dengan warna-warni dan imajinatif. Soundtrack-nya, yang digubah oleh komposer terkenal Yasunori Mitsuda, memberikan nuansa emosional serta menghidupkan suasana berbeda.

12. Blue Archive

Blue Archive rpg

Menawarkan keseruan interaktif yang hangat dengan para karakternya. Melalui fitur Momo Talk, kamu dapat lebih dekat dengan mereka, mengungkap rahasia, hingga membangun ikatan. Namun, setiap karakter juga memiliki cerita kepribadian mereka sendiri

Dalam cerita utamanya, kamu diajak ke dunia persahabatan, cinta, dan misteri di Kivotos. Ikatan antara Sensei dan para murid terasa kuat, sementara berbagai sub-cerita menghadirkan keseharian yang penuh keceriaan di akademi.

Game anime RPG ini dirancang dengan gameplay sederhana serta mudah dipelajari atau dimainkan. Kamu akan menemukan momen santai ketika membangun tim, menyelesaikan misi, ataupun berinteraksi dengan para karakter.

13. Zenonia 2: The Lost Memories

Zenonia 2 - The Lost Memories

Mengajak player memasuki dunia Eresia penuh monster, harta karun, bahaya. Di dalam game ini, kita mengendalikan pahlawan bernama Regret yang menderita amnesia, dan tugasnya adalah mengungkap masa lalunya yang hilang.

Pemain dapat memilih dari berbagai karakter, mulai dari Warrior hingga Mage dengan kekuatan sihir masing-masing. Ini memungkinkan lebih mudah dalam menyesuaikan pengalaman sesuai preferensi mereka.

Dunia Eresia memiliki beragam area luas, juga menyimpan banyak rahasia dan rintangan unik. Sistem kontrol yang mudah dipelajari memberi keuntungan tersendiri bagi setiap player, khususnya dalam hal menyerang.

14. The Chronicles Inotia 4: Assasin of Berkel

The Chronicles Inotia 4 - Assasin of Berkel

Disini, kita akan menyusuri petualangan Kiyan, seorang pembunuh bayaran elit dari Suku Bayangan, yang terperangkap dalam intrik pertempuran besar. Bersama Eara, yaitu penyihir muda penuh semangat, tugasnya adalah mengungkap kebenaran di balik kematian raja dan menyelamatkan dunia dari kehancuran.

Game anime RPG ini hadir dengan konsep petualangan menarik, dimana punya banyak opsi karakter hingga kustomisasi. Ada enam kelas berbeda untuk dipilih, diantaranya: Black Knight, hingga Assassin, mereka diberkahi skillset unik guna mempermudah strategi pertempuran.

Dunia luas Inotia penuh dengan rahasia dan cerita menarik juga loh, setiap tempat pun memiliki cerita, bahkan misteri yang menunggu untuk diungkapkan.

15. Sword Kenshin

Sword Kenshin rpg

Dalam Sword Kenshin Android, penggemar anime akan dimanjakan dengan visualisasi serta cerita menarik "mengenai perjalanan Kenshin Himura", seorang samurai yang berusaha menebus dosa masa lalunya.

Kisah epik dari Kenshin dibungkus dengan apik dalam game ini. Kamu akan menelusuri beragam lokasi dan menjumpai karakter legendaris dari serial tersebut.

Tidak hanya itu, gim ini juga menyediakan beragam jenis pedang yang dapat dikoleksi dan ditingkatkan, serta kesempatan untuk mengasah kekuatan Kenshin dengan mempelajari teknik-teknik baru.

16. Epic Conquest 2 "offline"

Epic Conquest 2 rpg

Juga game RPG Android offline berkonsep pertarungan strategi. Kamu wajib memakai berbagai skill sampai kemampuan karakter, tentu ini bertujuan demi mengalahkan musuh-musuh kuat. Dengan banyaknya kombinasi skill, kita lebih mudah menyesuaikan strategi bertempur.

Selain tersedia berakena macam karakter yang bisa dimainkan, gim ini pun punya fitur menarik. Yakni: sistem upgrade, dimana setiap pemainnya diperbolehkan dalam hal apapun, terkait peningkatan level karakter, memperkuat equipment, atau bisa dengan mempelajari skill baru.

Grafik anime pada permainan ini menurut saya juga menambah daya tarik tersendiri. Jadi, apakah kalian tertarik memainkannya?

# Akhir Kata

Meski ada banyak sekali opsi yang bisa di download secara gratis, termasuk dengan dukungan offline mode, menurut saya, rekomendasi game role playing terbaik di atas sudah cukup buat ngasih hiburan sekaligus menghilangkan kepenatan.