Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Game RPG Offline Android 3D yang Bagus dan Ringan

Game RPG Offline Android - RPG merupakan jenis game yang paling populer di dunia yang paling banyak diminati. Tau kah kamu bahwa rata-rata game RPG Android hanya bisa dimainkan apabila terhubung dengan koneksi internet? Menyebalkan sekali bukan? Tapi tenang saja meskipun game RPG online Android terbilang lebih banyak, dibawah ini adalah daftar game RPG offline Android yang pastinya bisa kamu mainkan tanpa perlu terhubung dengan koneksi internet.

Meskipun game RPG offline Android memiliki kualitas yang jauh lebih rendah ketimbang game online, akan tetapi game yang saya ulas dibawah ini adalah game Android RPG yang sangat seru dimainkan karena memiliki grafis 3D serta gameplay yang unik, seperti game adaptasi dari Anime dan lain-lain.

Baca Juga: Game Offline Seru Untuk Remaja

25 Game RPG Offline Android 3D yang Bagus dan Ringan

Apa saja game Android RPG offline 3D terbaik tersebut? Daripada kelamaan mending langsung saja simak penjelasan saya dibawah ini. Dibawah adalah daftar lengkap game Android RPG offline 3D terbaik sepanjang masa yang seru abis! Silahkan simak ulasan berikut!

1. Eternium

game rpg offline android

Eternium adalah game Android RPG offline terbaik dengan grafis 3D paling keren dan seru! Jika kamu sedang mencari game RPG yang offline, grafis nya bagus namun ukuran game nya kecil dan ringan, maka game Eternium adalah salah satu pilihan paling tepat! Pasalnya game ini nggak membawakan ukuran yang sampai ratusan MB, melainkan hanya berapa MB saja.

Grafis 3D game Eternium terlihat sangat bagus, apalagi game yang satu ini bisa kamu download secara gratis dan bisa kamu mainkan tanpa perlu koneksi internet, pastinya bakal sayang kalau kamu lewatkan. Eternium memiliki banyak fitur menarik, dan unik nya lagi Eternium adalah game yang mementingkan sebuah jalan cerita, jadi bakal sangat seru dimainkan.

2. S.O.L: Stone of Life EX

download game rpg offline android ukuran kecil

S.O.L: Stone of Life EX merupakan game RPG petualangan yang cukup menyenangkan, di game ini kamu bakal merasakan tantangan berpetualang yang sebenarnya. Nggak cuma seru! Game S.O.L: Stone of Life EX juga memiliki grafis 3D yang sangat bagus. S.O.L: Stone of Life EX akan membawamu petualangan dalam suatu tempat yang pastinya akan terhalang oleh berbagai musuh.

Disana kamu dapat menyerang menggunakan kekuatan ataupun mengandalkan senjata senjata menarik. S.O.L: Stone of Life EX menyediakan berbagai macam senjata dan juga armor, dimana alat tempur ini juga bisa kamu upgrade alias diperkuat guna memudahkan kamu untuk membunuh atau berlindung dari serangan musuh.


3. EverBattle – Nonstop Fight

game rpg offline android terbaik

EverBattle – Nonstop Fight mungkin bisa dibilang nggak kalah menarik dan nggak kalah seru jika kita bandingkan dengan game diatas. EverBattle – Nonstop Fight akan membawa para pemain nya untuk berpetualang kedalam dunia fantasi. EverBattle – Nonstop Fight adalah game MMORPG yang sangat luar biasa, karena selain bisa dimainkan secara online, game EverBattle – Nonstop Fight juga dapat berjalan secara offline alias nggak pake internet.

Grafis game ini sudah bisa dianggap sangat bagus, meski hanya sebatas 3D namun sudah cukup memuaskan, karena gameplay nya juga sangat bikin nagih!  EverBattle – Nonstop Fight juga menyediakan ratusan quest yang bisa kamu selesaikan, selain itu ada beberapa kelas yang bisa kalian pilih.

4. Beast Quest

game rpg offline android ringan

Beast Quest mungkin berbada jauh ya apabila dibandingkan sama game diatas, karena game RPG Android offline yang satu ini, membawa para pemain nya untuk berpetualang pada dunia yang cukup terbuka. Akan ada banyak keseruan yang kalian dapatkan dari game ini, seperti menikmati pemandangan yang indah, menjelajah tanpa batas, melawan musuh yang sangat kuat berupa monster dan masih banyak lagi.

Di Beast Quest para pemain nya juga dituntut untuk melakukan beberapa misi seperti mencari sebuah harta karun dan sebagainya. Grafis 3D yang dibawakan nggak bisa dibilang murahan karena tampak sangat mamakau, apalagi Beast Quest adalah game yang sangat seru. Game offline Android yang satun ini juga menyediakan berbagai fitur menarik loh! Seperti ada nya system upgrade senjata dan lain lain. Yakin kamu nggak mau main?

5. Nonstop Knight

download game rpg offline android

Kalau kamu suka main game petualangan dengan element RPG didalamnya maka Nonstop Knight sangat saya rekomendasikan buat kamu, soalnya Nonstop Knight juga merupakan game Android RPG terbaik. Nonstop Knight memiliki grafis 3D yang agak berbeda dari game lainnya, grafis yang dibawakan terlihat sangat menarik, desain karakter nya juga terbilang sempurna. Untuk masalah keseruan saya rasa nggak perlu ada yang dikawatirkan lagi.

Petualangan di game Nonstop Knight adalah menjelajahi suatu tempat menarik, dimana kamu bisa mengumpulkan sejumlah benda menarik seperti emas dan benda lainya. Kontrol di game ini juga terbilang nyaman. Nggak cuma itu saja Nonstop Knight juga salah satu game terbaik yang bisa kamu mainkan tanpa koneksi internet loh! Masa sih nggak mau coba?

6. Blade Warrior

game rpg offline android ukuran kecil

Tantangan yang ada dalam game Blade Warrior bukan sembarangan tantangan! Blade Warrior merupakan game yang terbilang cukup sulit, namun bukan berarti sangat sulit. Untuk gameplay nya menurut saya juga terbilang seru, selain seru kamu juga bakal menikmati grafis 3D yang begitu menonjol alias keren abis! Karena Blade Warrior ini game RPG maka sudah dapat dipastikan memberi keseruan tanpa batas! Kalau kamu penggemar berat game RPG sepertinya nggak boleh deh melewatkan game yang satu ini.

Ada banyak hal menarik didalam game ini, salah satunya adalah grafis 3D nya keren, menyediakan kontrol yang sangat nyaman dan mudah dimainkan oleh pemula sekalipun, dan yang paling menarik lagi adalah Blade Warrior menyajikan system ganti karakter, jadi apabila kamu bosan denan karakter yang dijalankan maka bisa menggantinya sesuai keinginan.


7. Kritika: The White Knights

game rpg offline android gratis

Nampaknya Kritika: The White Knights nggak hanya memiliki gameplay yang seru, dan ternyata grafis 3D dari game Kritika: The White Knights sangat berkualitas tingggi, di game ini mungkin kamu akan terasa sedikit membingungkan, karena misi Kritika: The White Knights juga terbilang sulit, namun apabila kamu adalah penggemar game RPG saya rasa nggak akan kesulitan untuk memenangkannya. Meskipun masih kalah jauh dengan game online akan tetapi game ini sudah hadir dengan sangat baik dari berbagai sisi.

Untuk mencoba Kritika: The White Knights di smartphone kamu juga nggak perlu berfikir soal banyak RAM dan kapasitas memori yang tersedia, karena Kritika: The White Knights merupakan game RPG yang sangat ringan saat dimainakan, bahkan ukuran game ini pun tergolong kecil. Jadi sayang banget kalau nggak kalian mainkan sekarang juga.

8. Battleheart Legacy

game rpg offline android yang bagus

Battleheart Legacy membawakan latar yang sangat sederhana, namun sejujurnya hal ini lah yang membuat Battleheart Legacy berkesan sangat menarik dan layak untuk kalian mainkan. pengembang game ini menurut saya terbilang sangat luar biasa, dimana mereka mengembangkan nya dengan sangat sempurna. Terlihat jelas bahwa desain karakter didalam game Battleheart Legacy juga terlihat sangat bagus dan berkesan unik.

Bagaimana dengan gameplay nya? Berbicara tentang gameplay nya kamu juga nggak perlu kawatir guys, pasalnya melihat dari latar dan penapilan nya saja sudah berkesan sangat memungkinkan. Ada beberapa alasan mengapa Battleheart Legacy layak dimainkan, salah satunya adalah karena tema permainan nya sangat seru, kamu juga disediakan lebih dari 100 karakter didalam nya. Nggak cuma itu setiap karakter di game ini juga memiliki skill menarik yang bermacam macam.


9. Ben 10 Xenodrome

game android rpg offline 3d

Kamu pasti sudah pernah memainkan game Ben 10 kan? Ya saya sangat yakin kalau kamu pasti sudah mangenal dan bahkan sering memainkan nya di playstation ataupun PC. Saya nggak bisa menjelaskan betapa keren nya game Android RPG yang satu ini. Yang jelas kita bisa melihat dari kepopuleran Ben 10 pada serial film nya. Jadi jangan heran apabila Ben 10 Xenodrome memiliki banyak sekali jutaan pemain, karena memang pada dasarnya Ben 10 sudah sangat dikenal.

Berbicara lebih lanjut mengenai game Ben 10 Xenodrome sepertinya nggak ada yang perlu kamu ragunka dan dan kawatirkan, karena apa? Karena Ben 10 Xenodrome merupakan game RPG yang sangat menarik, mulai dari tema permainan, desain karakter, kekuatan, dan juga tantangan yang ada. Semua terbilang sangat menyenangkan. Oleh karena itu Ben 10 Xenodrome bukanlah game yang pantas kalian lewatkan.

10. CHAOS RINGS III

game rpg offline grafik hd

Seperti yang kita ketahui kalau CHAOS RINGS III merupakan game yang memiliki latar anime, dan CHAOS RINGS III juga membawakan element RPG. Gampang nya CHAOS RINGS III merupakan game anime RPG. Yang pasti mengingat hal ini akan menjadi suatu alasan mengapa sebaiknya kamu jangan melewatkan nya. CHAOS RINGS III secara menyeluruh sudah cukup memuaskan, apalagi karena mengingat game ini membawakan latar grafis 3D anime.

Temaa permainan dari CHAOS RINGS III terbilang seru, kamu bisa bergonta ganti karakter sesuai keinginan. Didalam game CHAOS RINGS III kamu sudah disediakan tiga pilihan karakter menarik, dan sebagai pemain kamu bebas memainkan salah satu dari mereka bertiga. Grafis 3D nya yang kereb memungkinkan kamu bakal ketagihan bermain game RPG anime jepang yang satu ini.

11. Shadowrun: Dragonfall DC

game android hd offline

Shadowrun: Dragonfall DC menurut saya memiliki tampilan 3D yang benar-benar berkesan luar biasa. Game ini memiliki jenis RPG dan nggak berbada jauh dengan beberapa game RPG lainnya. Shadowrun: Dragonfall DC merupakan game yang wajib kalian mainkan apabila kalian suka sama game yang menegangkan. Ya tentunya game offline Android yang satu ini juga sangat seru, selain itu ada beberapa fitur menarik yang telah disematkan oleh pihak developers kedalam permainan ini.

Di game Shadowrun: Dragonfall DC skill karakter tidak bisa di upgrade seperti game lainnya, namun setiap petualangan skill kamu akan bertambah kuat, atau gampang nya setiap petualangan secara tidak sadar akan meningkatkan kemampuan nya secara menyeluruh. Hanya saja ukiran game ini nggak bisa dibilang ringan yakni mencapai 700 MB, tapi meski demikian game Shadowrun: Dragonfall DC nggak ngelag saat dimainkan, bahkan pada smartphone kelas bawah sekalipun game ini akan berjalan sangat mulus.

12. Legendary Warrior

game rpg offline android

Legendary Warrior bisa dibilang game Android RPG dengan tema pertempuran yang sangat menantang. Di dalam game ini kamu akan berperan sebagai prajurit lagendaris, yang mana tugas kamu adalah membasmi kejahatan, ada berbagai musuh mengerikan dalam game yang satu ini seperti monster mengerikan yang sangat kuat dan masih banyak lagi. Dari segi grafis pun menurut saya Legendary Warrior sudah memiliki tampilan 3D yang cukup berkualitas.

Bahkan Legendary Warrior nggak hanya keren dari tampilan nya saja. Gameplay Legendary Warrior penuh dengan keseruan, yang mana game ini juga sangat menantang. Di game Legendary Warrior kamu bisa melakukan upgrade senajata juga loh, selain itu kontrol didalam permainan ini sudah terjamin dan nggak bakal bikin para pemula kesulitan.

13. Seed III: Heroes in Time

game rpg offline terbaik ringan

Ini dia game Android RPG paling keren sepanjang masa! Kenapa demikan? Karena meski sudah hadir sangat lama game Seed III: Heroes in Time masih memiliki jutaan pemain setia. Hal ini mungkin sangat masuk akal, karena di game Android ini selalu menyajikan suatu hal yang menarik dan nggak membosankan. Bagi yang belum tau apa itu Seed III: Heroes in Time, maka akan saya jelaskan secara singkat, kalau Seed III: Heroes in Time adalah game bertema kerajaan yang sangat seru!

Apalagi Seed III: Heroes in Time mempunyai grafis 3D dengan latar anime, pastinya ini juga menjadi alasan kuat mengapa Seed III: Heroes in Time merupakan game RPG Android terbaik sepanjang masa. Nggak akan saya jelaskan panjang lebar, jika kamu tertarik silahkan download game nya secara gratis dan mainkan di smartphone kamu tanpa koneksi internet!

14. SoulCraft – Action RPG

android game rpg offline

Grafuis 3D yang sangat memukau membuat terciptanya sebuah alasan mengapa game ini wajib sekali dimainkan oleh para penggna smartphone Android. Jika kita bandingkan bersama beberapa game lain yang sudah saya ulas di atas mungkin SoulCraft – Action RPG sedikitt berbeda ya, jika dilihat secara tampilan nya, terlihat jelas sekali kalau game SoulCraft – Action RPG sangat seru dimainkan. Itu semua berkat grafis nya yang keren dan juga tema permainan yang tampak menarik.

SoulCraft – Action RPG juga salah satu game offline Android yang memiliki jumlah unduhan paling banyak di google playstore, jadi nggak heran ya kalau SoulCraft – Action RPG sering disebut sebagai game terbaik sepanjang masa. Semua misi yang terdapat dalam game ini nggak bisa dianggap remeh karena memang pada dasarnya SoulCraft – Action RPG adalah salah satu game tersulit di Android.


15. The Chronicles of Inotia 3: Children of Carnia

game anime android offline

Di Android banyak sekali game yang nggak bisa dikatakan istimewa, namun berbeda dengan The Chronicles of Inotia 3: Children of Carnia. Yang jelas The Chronicles of Inotia 3: Children of Carnia adalah game yang sangat istimewa menurut saya sendiri. Alasannya? Yang pasti karena game ini nggak hanya bermodal grafis 3D saja namun tampilan 3D tersebut juga dipadu dengan latar anime yang terlihat amat memukau! Bahkan desain karakter di The Chronicles of Inotia 3: Children of Carnia pun terbilang sempurna.

Gameplay The Chronicles of Inotia 3: Children of Carnia. The Chronicles of Inotia 3: Children of Carnia merupakan game RPG petualangan terbaik yang pernah ada, selain hadir dengan tampilan yang sangat sempurna The Chronicles of Inotia 3: Children of Carnia juga hadir dengan gameplay yang sangat seru dan menyenangkan. Kamu akan di ajak berpetualangan dan membasmi para monster jahat yang berusaha membunuh dan menghancurkan mu.


16. Dungeon Hunter 4

game rpg offline android terbaik sepanjang masa

Berikut nya adalah Dungeon Hunter. Ada beberap seri game Dungeon Hunter 4 yang tersedia di smartphone Android, untuk seri terbaru nya adalah Dungeon Hunter 5, namun untuk seri terbaru ini hanya bisa dimainkan secara online jadi membutuhkan kuota internet untuk menjalankan nya, sedangkan Dungeon Hunter 4 ini merupakan seri sebelumnya yang bisa kamu mainkan secara offline alias nggak pake koneksi internet.

Sesuai dengan jenis game nya, karena Dungeon Hunter 4 adalah game RPG maka dapat dipastikan akan memberi kesan dan keseruan tersediri. Di game Dungeon Hunter 4 sendiri menghadirkan bermacam macam jenis musuh, seperti musuh yang sangat kuat dan kejam. Yang harus dilakukan oleh para pemain nya hanyalah menyerang dan membunuh mereka semua, atau karakter kalian yang akan terbunuh.

17. Shadowrun Returns

game rpg anime android

Shadowrun Returns adalah game yang lahir dalam dua genre yakni RPG dan action, atau gampang nya Shadowrun Returns adalah game action RPG. Secara menyeluruh game ini nggak berbeda jauh namun memiliki ciri khas tersediri tentunya. Hal yang menarik dalam game ini adalah terdapatnya enam kelas yang bisa kamu pilih sesuai selera. All hasil Shadowrun Returns adalah game yang sangat menghibur para pemain nya. Game ini bisa kamu download secara gratis diluar google playstore.

Karena untuk mendownload di google playstore kita memerlukan uang alias nggak gratis, jadi saran saya adalah sebaiknya kamu meng unduh pada situs-situs penyedia game gratisan.

18. Shadowrun Returns

game rpg anime offline

Arcane Soul juga merupakan salah satu game action RPG terbaik di Andoid, bahkan Arcane Soul pun merupakan game yang sangat populer, selain memiliki keuntungan karena offline, pastinya kamu juga bakal merasakan betapa seru nya game yang satu ini. Berbicara soal kepopuleran game Arcane Soul sepertinya nggak perlu dibahas panjang lebar ya, yang jelas melihat total unduhan saat ini Arcane Soul sudah di unduh lebih dari 5 juta pengguna smartphone Android.

Melihat melalui hal itu saya yakin, bahwa alasan mengapa game Arcane Soul banyak dimainkan, karena memang pada dasarnya Arcane Soul merupakan game yang sangat seru. Kalau kamu mungkin merasa tertarik pada game ini maka bisa memainkan nya tanpa perlu menguras banyak kapasitas memori, soalnya Arcane Soul merupakan game RPG ukuran kecil yang sangat ringan dan lancar saat dimainkan. Gimana apakah kamu mau coba?

19. Zenonia 2: The Lost Memories

game rpg anime terbaik

Zenonia 2: The Lost Memories memang membawakan tema yang amat terbilang senderhana, tapi tau kah kamu kalau Zenonia 2: The Lost Memories juga merupakan game yang sangat seru? Yaps terlihat jelas kalau game ini juga dibekali grafis 3D dengan latar anime. Meski nggak sebagus game anime lainnnya namun menurut saya sendiri tatap saja Zenonia 2: The Lost Memories adalah game yang sangat pantas untuk dimainkan.

Petualangan Zenonia 2: The Lost Memories juga sangat menyenangkan dan yang paling saya sukai dalam game ini adalah kontrol yang sangat ramah pemula, jadi meskipun kamu adalah pemain pemula maka akan tetap dapat memainkan nya dengan mudah.


20. The Chronicles Inotia 4: Assasin of Berkel

rekomendasi game rpg anime android

The Chronicles Inotia 4: Assasin of Berkel merupakan seri terbaru dari game ini. The Chronicles Inotia 4: Assasin of Berkel memiliki tampilan 3D yang begitu wow, bagaimana tidak, bahkan grafis 3D nya pun tekah dupadu dengan latar anime yang sangat memukau. Jadi apabila kamu adalah penggemar anime namun juga hobi bermain game RPG maka The Chronicles Inotia 4: Assasin of Berkel adalah game paling tepat yang harus kalian mainkan.

didalam game ini membawakan skill yang berbeda beda, dan yang paling menarik adalah game The Chronicles Inotia 4: Assasin of Berkel menyediakan ratuasan peta. Pokok nya The Chronicles Inotia 4: Assasin of Berkel adalah game offline RPG Android yang wajib dimainkan, dan saya jamin kalau game yang satu ini nggak mudah membosankan.

21. Sword Kenshin

game rpg anime offline untuk android

Kembali lagi pada hame RPG jepang! Sword Kenshin merupakan RPG terbaik yang bisa kamu mainkan meski nggak terbunung koneksi internet, didalam game ini kamu bakal merasakan keindahan yang mana berasal dari grafis 3D nya. Yaps yang pasti grafis 3D yang disematkan pada game Sword Kenshin bukan lah sembarangan 3D, melainkan berkualitas tinggi, alias keren abis! Bagi kamu yang nggak download game ini dijamin bakal nyesel deh!

Adapun keseruan yang bakal kamu rasakan melalui game ini, yang pertama adalah grafis yang sangat keren, yang keedua gameplay nya seru. Di game Sword Kenshin kamu bakal di sajikan puluhan karakter yang dapat kamu andalkan untuk bertempur bersama, selain itu kontrol di game ini juga sangat nyaman dan ramah pemula. Gimana siap coba?


22. Crashlands

game rpg anime android terbaik 2021

Crashlands menceritakan tentang sebuah planet yang telah dihampiri oleh kejahatan, dan disini tugas kamu adalah sebagai penyelamat. Ada banyak sekali beragam musuh yang bakal kamu temukan didalam game ini. Tentunya Crashlands juga bukan game yang mudah, wajar saja Crashlands juga merupakan game RPG, maka sudah pasti memberi tantangan yang menegangkan.

Untuk memainkan game yang satu ini saya lebih menyarankan kamu untuk mendownload di luar playstoe, karena apa? Karena Crashlands di playstore bukanlah game gratisan yang bisa bebas kamu unduh, melainkan adalah game berbayar yang mengharuskan kamu untuk membayar terlebih dahulu sebelum disediakan link download yang aktif.

23. Edge of Tomorrow

game rpg ringan android offline

Nggak kalah seru! Untuk game yang satu ini agak berbada dengan game-game diatas guys! Di game Edge of Tomorrow ini kamu berperan sebagai pembasmi penjahat seperti alien raksasa yang berusaha untuk menghancurkan bumi. Tugas para pemain disini adalah membunuh mereka semua, ada berbagai senjata yang bisa kamu andalkan untuk membunuh mereka semua, mulai dari yang biasa sampai yang sangat mematikan.

Edge of Tomorrow bisa dibilang merupakan game Android RPG offline yang sangat menantang dan menegangkan. Keunggulan game ini nggak asing lagi dan sudah bisa kita tebak, yang pasti adalah gameplay nya sangat seru, kemudian grafis 3D nya juga terlihat begitu menarik, dan yang paling bikin seru adalah, para pemain dapat mengganti karakter lain sesuka hati.

24. Galaxy On Fire 2

game rpg ringan android

Galaxy On Fire 2 bisa dibilang game RPG yang sangat menantang dan menguji kesabaran, soalnya Galaxy On Fire 2 juga memberi misi yang nggak sembarabgan, alias harus benar-benar serius untuk memainkan nya tanpa mengalami kekalahan. Peran kamu di game Galaxy On Fire 2 adalah sebagai pengendali peswat, dimana kamu juga bakal dihadang oleh banyak sekali musuh yang pastinya berniat menjatuhkan dan membunuhmu!

Meski terlihat sederhana, namun saya nggak menjamin kamu dapat memenangkan permainan ini dengan mudah. Galaxy On Fire 2 memiliki grafis 3D yang bagus, efek suara yang memberi sesasim pertempuran layaknya di dunia nyata, selain itu Galaxy On Fire 2 juga nggak cuma menyediakan satu karakter saja loh, melainkan ada banyak karakter yang bisa kamu coba.

25. Galaxy On Fire 2

game rpg offline grafik anime

Untuk yang terakhir ini menurut saya merupakan game Android RPG offline paling keren sepanjang sejarah. Seperti yang sudah jelas terlihat bahwa game Dark Slayer dibekali grafis 3D dengan latar anime yang sangat luar biasa, bagi kamu sang pecinta anime mungkin nggak akan nolak deh kalau disuruh main game yang satu ini. Selain grafis nya keren dan gameplay nya seru, game Dark Slayer ini juga bisa kamu mainkan secara offline loh, yang pasti bakal menghemat kuota internet kita.

Didalam game Dark Slayer para pemain akan merasakan keseruan dalam berpetualang tanpa batas! Bahkan permainan ini juga mementingkan sebuah jalan cerita, lalu apakah jalan cerita dari game ini menarik? Untuk mengetahui nya secara jelas alangkah baiknya apabila kamu memainkan nya!

Baca Juga:


Di Android masih ada banyak sekali game RPG yang bisa dimainkan tanpa koneksi internet dan bisa di download secara gratis. Namun menurut, list game RPG offline Android diatas sudah cukup untuk menghibur diri dan menghilangkan kepenatan.