Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Drama Korea Tentang Politik dan Cinta Romantis

Drama Korea Tentang Politik dan Cinta - Drama korea berbeda dengan serial drama dari negara lain, hal umum yang paling sering kita temui di serial drama korea, tak lain adalah cerita yang penuh konflik, serta selalu indentik dengan kisah-kisah percintaan.

Tetapi tidak hanya berfokus pada cerita romantis, karena drama korea juga sering digabungkan dengan genre yang berbeda-beda, mulai dari drama korea action romantis, hingga tema-tema unik lainnya seperti drama korea tentang psikopat, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada banyak juga serial drama yang membawa unsur-unsur komedi di dalamnya. Namun dikesempatan kali ini mimin akan membahas beberapa judul drama korea tentang politik dan cinta.

21 Drama Korea Tentang Politik dan Cinta Romantis

Drama korea bertema politik?, tentunya sangat seru bukan?, karena plot twist sejenis ini selalu berkaitan dengan konflik-konflik besar yang menegangkan. Lantas apa saja judul drama korea tentang politik dan cinta tersebut? Langsung saja, simak ulasan lengkap berikut ini guys!.

# Drama Korea Tentang Politik dan Cinta 2020

1. Memorist (2020)

drama korea politik

Drama korea genre politik yang pertama adalah Memorist. Sinopsisnya berceritakan Dong Baek yang mengalami pengalaman supranatural aneh, dimana dirinya memperoleh kekuatan misterius yang bisa membaca ingatan pada seseorang yang disentuhnya.

Kemampuan Dong Baek ini bisa dibilang sedikit mirip dengan Lee An pada serial He Is Psychometric. Hanya saja kemampuan Dong Baek hanya dapat berfungsi saat menyentuh seseorang secara langsung, berbeda dengan Lee An yang mampu membaca masa lalu dan ingatan seseorang melalui apapun yang disentuhnya.

2. Into the Ring (2020)

film korea tentang politik

Film korea tentang politik yang kedua. Into the Ring atau bisa juga disebut The Ballot adalah serial drama terbaru yang membawa unsur-unsur politik pada ceritanya.

Into the Ring, Goo Se Ra adalah wanita miskin dengan kehidupan yang tidak memungkinkan, suatu hari ia memutuskan bekerja di bidang dinas sipil, lantaran mendengar kabar akan gaji tahunannya yang sangat besar, hingga 50 juta Won pertahun, hanya dengan bekerja 90 hari saja setiap tahunnya.

# Drama Korea Tentang Politik dan Cinta 2019

3. The Lies Within (2019)

drama korea genre politik

The Lies Within, drama dengan jalan cerita yang paling menguras emosi para penontonnya. Drama tentang politik romantis ini mengisahkan wanita yang tertimpa nasib terburuk dalam kehidupannya.

Dimulai dari kematian ayahnya yang tidak pernah disangka-sangka, hingga suatu hari kehilangan suaminya yang menghilang secara misterius. Demi menyelamatkan suaminya, diapun ikut serta dan bergabung dalam Majelis Nasional, dirinya juga bekerja sama dengan beberapa detektif untuk membantu menangani kasusnya.

4. Doctor Prisoner (2019)

drama korea tentang politik dan cinta

Berceritakan tentang dokter bedah yang menjadi pelampiasan atas kesalahan pisak lain. Drama ini cukup kental akan nuasa politik, serta konflik-konflik yang menegangkan.

Berpusat pada Na Yi Je, dia adalah seorang ahli bedah yang sudah cukup diakui kehebatannya, namun suatu hari mengalami nasib sial, dirinya disebut melakukan kesalahan terkait masalah medis, dan hal ini membuatnya dikeluarkan dari rumah sakit tempatnya bekerja.

5. Fiery Priest (2019)

drama korea politik romantis

Cerita drama Fiery Priest berpusat pada beberapa karakter penting, mulai dari seorang imam katolik "Nam Gill", Koo Dae Young sebagai detektif, serta Park Kyung Sun yang merupakan seorang jaksa.

Jika kalian bertanya tentang drama bernuasa politik yang kental maka Fiery Priest adalah salah satunya. Plot twist yang menurut saya sangat menarik, ditambah lagi kita akan diperlihatkan tokoh-tokoh antagonis yang menjadi kunci atas konflik besar yang terjadi. Selain itu, cerita Fiery Priest juga berkaitan kental akan kasus pembunuhan.

6. Designated Survivor: 60 Days (2019)

drama korea bertema politik

Kemudian drama korea tentang politik selanjutnya. Designated Survivor: 60 Days, berkisah seorang mantan profesor kimia yang beralih profesi sebagai menteri lingkungan hidup. 

Park Moo Jin adalah tipe orang yang tidak terlalu ambisius terhadap hal tertentu, sebagai seorang politikus dia memiliki jiwa yang netral, dan tidak berjiwa politik layaknya politikus lainnya.

7. My Fellow Citizens (2019)

drama korea tentang agen rahasia

Di urutan ke 7 ini juga menjadi salah satu rekomendasi terbaik drama korea tentang politik dan cinta. My Fellow Citizens menceritakan pria bernama Jung Kook. dia adalah penipu veteran yang belum pernah tertangkap.

Namun suatu hari mengalami nasib sial dan konyol, dimana seluruh uang miliknya dibawa kabur oleh pacarnya sendiri, dan disebut-sebut sebagai uang untuk pernikahan mereka berdua.

Jung Kook merasa frustasi atas kejadian yang dia alami. Saat sedang melampiaskan amarahnya dengan mabuk-mabukan ia dipertemukan dengan Kim Mi Young. Mereka pun saling berbicara tentang kehidupannya., dia tak mengetahui jika Mi Young adalah seorang detektif.

8. My Country: The New Age (2019)

drama korea tentang konspirasi politik

My Country: The New Age, adalah serial drama terbaru yang mulai ditayangkan pada pertengahan 2019, drama ini memang tidak mendapat rating yang tinggi, tetapi cukup populer di kalangan K-drama lovers. lantaran jalan ceritanya yang sangat keren.

My Country: The New Age menggabungkan beberapa genre pada alur ceritanya, mulai dari action historycal hingga genre romance yang membuat jalan cerita semakin berwarna.

9. Chief of Staff (2019)

drama korea bergenre politik

Masih merasa kurang meyakinkan terkait judul drama korea genre politik diatas? Maka kalian wajib tau tentang drama korea politik yang satu ini. Karena unsur-unsur politik di drama Chief of Staff terbilang sangat kental.

Sinopsis Chief of Staff, berceritakan Jang Tae Joon yang merupakan detektif rookie yang baru lulus dari universitas kepolisian korea selatan. Namun karena alasan tertentu ia memutuskan untuk bergabung kedalam Majelis Nasional.

10. Vagabond (2019)

drama korea tentang teroris

Serial drama yang dibintangi Lee Seung Gi dan Bae Suzy ini sangat mimin rekomendasikan sekali, dikarenakan jalan ceritanya yang sangat menguras emosi. Selain unsur-unsur politik yang kental, kita juga akan diperlihatkan hubungan percintaan mereka yang sangat manis dan bikin senyum-senyum sendiri.

Cerita konflik dimulai dari seorang paman yang kehilangan keponakannya akibat kecelakaan pesawat, dan ia merasakan sesuatu yang janggal terkait kecelakaan pesawat tersebut, setelah menyelidiki nya, akhirnya ia mengetahui fakta bahwa kecelakaan tersebut disebabkan oleh teroris, namun tidak ada satupun pihak yang memberi keadilan mengenai hal tersebut.

Drama korea tentang teroris pastinya sangat menarik, pada serial Vagabond ini sudah pasti kita akan diperlihatkan scene-scene action yang sangat keren.

11. Kingdom (2019) 

drama korea hukum dan politik

Drama korea politik romantis selanjutnya. Kingdom saat ini memiliki beberapa season, jalan ceritanya sendiri berpusat pada alur cerita horor, yakni bertema zombie. Selain itu nggak tertinggal juga dari unsur-unsur fantasi, thriller, serta sejarah yang membuat serial Kingdom semakin menarik.

Plot cerita atau sinopsis singkat dari Kingdom, mengisahkan tentang putra mahkota yang berada di situasi yang sulit, dimana dirinya dikirim untuk melakukan misi bunuh diri, serta menyelidiki kasus-kasus misterius terkait virus / wabah yang menyebar di seluruh negeri.

# Drama Korea Tentang Politik dan Cinta 2018

12. Lawless Lawyer (2018)

drama korea romantis tentang hukum

Lawless Lawyer menceritakan sosok mantan anggota geng terkenal yang kini menjadi seorang pengacara. Bong Sang Pil diakui kecerdasannya di dunia politik. Dia selalu memanfaatkan hal tak terduga untuk menciptakan sebuah celah.

Bong Sang Pil adalah anak dari pengacara terkenal yang mendapat perlakuan tidak adil oleh Cha Moon Sook, dia juga kerap menyaksikan kematian ibunya yang begitu tragis. Dan kini Sang Pil berdiri tengah pengadilan demi membalaskan dendam atas kematian ibunya.

# Drama Korea Tentang Politik dan Cinta 2017

13. Argon (2017)

drama korea tentang hukum romantis

Argon merupakan film pendek korea romantis yang hanya berjumlah 8 episode, atau biasa kita kenal sebagai mini drama. Jalan cerita Argon berpusat pada dua karakter penting Kim Baek Jin yang bekerja sebagai reporter sekaligus pemimpin pada program investigasi.

Sementara itu, kita diperlihatkan karakter penting lainnya, yakni Lee Yeon Hwa. Lee Yeon Hwa hanyalah reporter kontrak, dan sebelum masa kontrak habis dia bekerja di sebuah perusahaan Argon, dan berusaha untuk menjadi reporter tetap.

14. Defendant (2017)

drama korea bertema hukum

Drama ini mengisahkan tentang sebuah keluarga kecil yang harmonis. Park Jung Woo dan Yoon Ji Soo adalah sepasang suami istri yang juga telah dikaruniai anak perempuan.

Park Jung Woo bekerja sebagai jaksa, sebagai seorang jaksa dia memiliki prinsip yang kuat, serta merupakan pribadi yang jujur, tugas dan tidak pernah gentar terhadap lawannya. Park Jung Woo adalah jaksa yang ditugaskan untuk menangani kasus-kasus gelap, seperti kasus pembunuhan berantai yang sangat misterius.

15. Secret Forest (2017)

drama korea yang bercerita tentang politik

Selanjutnya Secret Forest. Drama korea tentang politik kali ini bercerita tentang Hwang Shi Mok, dia adalah seorang jaksa yang pernah menjalani operasi otak di masa lalunya, dan menjadi salah satu faktor akan kepribadiannya.

Hwang Shi Mok dikenal sebagai sosok pribadi yang selalu bersikap rasional, tenang, dan terkadang bersikap dingin. Dia adalah jaksa yang jujur dan menjadi satu-satunya jaksa yang tidak terlibat kasus gelap "kasus korupsi". Pada suatu hari dia terlibat untuk menangani kasus pembunuhan misterius.

# Drama Korea Tentang Politik dan Cinta 2016

16. Signal (2016)

judul drama korea politik romantis

Khususnya buat K-drama lovers mungkin Signal bukan lagi drama yang asing ditelinga?, pasalnya, drama yang berpusat pada cerita kepolisian ini diklaim sebagai drama korea rating tertinggi di masanya.

Hae Young adalah seorang detektif yang sering ditugaskan dalam investigasi kriminal. Walaupun dirinya merupakan polisi, tetapi ia tak pernah mempercayai perkataan polisi, lantaran trauma yang ia alami dimasa lalu. Signal akan menceritakan dua detektif hebat yang bekerja sama untuk mengungkap kasus-kasus lama yang telah menjadi misteri.

17. My. Lawyer, Mr. Joe (2016)

drama korea yang bergenre politik

Drama ini akan mengingatkan kita bahwa, dari banyaknya ketidakadilan di dunia ini masih ada sosok jujur yang taat pada keadilan. Jo Deul Ho adalah sosok jaksa paling jujur, bahkan dirinya hidup dalam kondisi miskin.

Dia merupakan pribadi yang tidak akan tinggal diam jika melihat penyalahgunaan uang dan penyuapan di tempatnya bekerja. Namun sayangnya apa yang dia lakukan justru berdampak pada pekerjaannya, pada akhirnya Jo Deul Ho beralih menjadi seorang pengacara.

18. The K2 (2016)

drama politik romantis korea

Kalau ngomongin soal action yang epik sepertinya akan aneh jika The K2 bukan salah satunya. The K2 sendiri merupakan serial drama yang paling banyak adegan actionnya, selain itu drama ini pun sangat kental akan unsur-unsur politik didalamnya.

Cerita The K2 diawali dari flashback Kim Jae Ha, dia adalah tentara bayaran yang sedang bertugas di irak, sayangnya apa yang terjadi sangat diluar dugaan, dia kehilangan kekasihnya serta dijebak oleh pihak bersangkutan, pada akhirnya ia hidup sebagai buronan.

Setelah kembali dari Irak, dia mengasingkan diri dan masih selalu menjadi buronan, hingga suatu hari tidak sengaja bertemu dengan Go An Na yang meminta tolong untuk diselamatkan. Tak lama kemudian ia diajak untuk bekerjasama oleh suatu pihak, dan ditugaskan untuk melindungi Go An Na.

# Drama Korea Tentang Politik dan Cinta 2015

19. Six Flying Dragons (2015)

drama korea tentang politikus

Berlatar cerita sejarah, drama Six Flying Dragons menggambarkan sosok karakter inspiratif yang berjuang untuk negaranya. Dimulai dari era dinasti Goryeo, yang melahirkan Joseon berkat perjuangan 6 karakter.

Six Flying Dragons adalah serial paling rekomended kalau kamu suka akan hal hal berbau politik, karena cerita drama ini sangat berkaitan erat dengan politik. Selain itu ada banyak hal menarik yang bisa kita saksikan, sebut saja karakter-karakter inspiratif yang menjadi kunci pada alur ceritanya.

20. Remember (2015)

drama romantis korea genre politik

Remember adalah melodrama terbaik yang alur ceritanya mengusung hal-hal berbau politik. Remember berkisahkan seseorang dengan Hyperthymesia, adalah kejadian dimana seseorang mampu mengingat sebuah kejadian secara detail dan rinci.

Alur cerita inti dari serial Remember ini adalah sosok pengacara yang terus berjuang untuk membuktikan ketidakadilan atas kasus ayahnya di masa lalu. Disisi lain dia memiliki beberapa masalah kondisi yang menganggu dirinya, yakni Alzheimer, hal ini menjadi penyebab hilangnya ingatan yang secara tiba-tiba.

# Drama Korea Tentang Politik dan Cinta 2011

21. City Hunter (2011)

drama yang bercerita politik

Drama korea tentang pengawal presiden - Sebagian dari kalian mungkin sudah mengenal tentang serial drama yang satu ini, karena City Hunter adalah serial yang sangat populer di masanya.

Drama ini berpusat pada dua tokoh karakter, yakni Lee Yoon Sung dan Kim Nana. Lee Yoon Sung adalah pria yang menyamar dan membuat kekacauan demi memberantas pihak-pihak kotor, sekaligus pembalasan dendam terkait ayahnya.

Sementara Kim Nana adalah pengawal presiden yang cukup dekat dengannya. Dan Kim Nana merupakan orang pertama yang mengetahui identitas asli Lee Yoon Sung. 

Baca Juga:
Itulah Listpoin / judul-judul drama korea tentang politik dan cinta. Seperti yang sudah mimin singgung diatas bahwa drama korea genre politik selalu membawa alur cerita menegangkan, karena berpusat pada konflik-konflik besar.