Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Drama Korea Genre Misteri Thriller, Romantis dan Terbaik

Drama Korea Genre Misteri Thriller - Jika kita menyinggung tentang genre misteri, tentu secara tidak langsung juga akan berkaitan dengan banyak hal, seperti misalnya detektif / kepolisian, hukum, kriminalisme, psikologis, psikopat yang pastinya bakalan sangat keren!.

Dan salah-satu alasan mengapa drama korea bertema misteri selalu menarik ialah, karena kita akan diperlihatkan scene-scene action menegangkan. Selain itu, drama korea genre misteri thriller pun selalu identik akan teka-teki menarik yang menguras emosi.

20 Drama Korea Genre Misteri Thriller, Romantis dan Terbaik

Selain itu, genre misteri juga sering kali digabungkan dengan cerita romance. Kalau kamu merupakan salah-satu penggemar drama korea action romantis, maka drama korea genre misteri thriller ini sangat mimin rekomendasikan buat kamu.

Dibawah ini ListPoin sudah merangkum beberapa judul drama korea bertema misteri romantis, yang beberapa diantaranya masuk sebagai top drama dengan rating tertinggi sepanjang masa. Langsung simak yuk!.

# Drama Korea Genre Misteri Thriller 2021

1. Mine (2021)

drama korea misteri romantis

Drama korea bertema misteri romantis pertama adalah Mine. Serial drakor terbaru ini mungkin tidak terlalu bernuasa romance, soalnya tema cerita Mine lebih berfokus di genre thriller dan misteri. Apa saja yang menarik dari serial Mine ini?

Tentunya ada banyak menarik yang akan kita saksikan lewat serial Mine ini. Sinopsisnya, mengisahkan bintang terkenal yang rela melepaskan karirnya dan memilih menikahi pria sultan. Lantaran Seo Hee Soo telah menginjak usia 40 tahun.

Drama ini membawa konflik-konflik yang terbilang rumit, dan tentu saja selalu berkesan dramatis di setiap scenenya. Genre misteri yang dipadukan dengan thriller, serta sedikit unsur-unsur romance pastinya sangat menarik.

2. Mouse (2021)

drama korea misteri terbaik

Lee Seung Gi selalu dikenal akan kehebatannya dalam memerankan serial-serial ataupun film action, bisa kita lihat melalui beberapa drama yang dibintanginya. Sebut saja VegaBond. Di tahun 2021 ini, Lee Seung Gi kembali menggarap drama dengan nuansa misteri yang nggak kalah mencegangkan dari serial sebelumnya, yakni Mouse.

Mouse bisa dikategorikan sebagai' drama korea tentang detektif kepolisian dengan alur yang super misteri. Lee Seung Gi akan memainkan peran sebagai detektif pemula, yang mana akan memperlihatkan aksinya dalam menangani kasus tingkat tinggi, seperti pengejaran psikopat yang meresahkan masyarakat.

# Drama Korea Genre Misteri Thriller 2020

3. Awaken (2020)

drama korea genre misteri

Merupakan drama korea tentang misteri dan cinta romantis yang mulai ditayangkan akhir tahun 2020, hingga awal 2021 ini. Awaken mengusung cerita misteri pembunuhan berantai dan sekelompok detektif yang ahli menangani kasus tersebut.

Meski nggak seperti film drama korea tentang psikopat sebelumya, dimana banyak adegan yang sangat sadis. Tetapi tetap saja, Awaken akan memperlihatkan karakter-karakter antagonis yang serem.

4. Mystic Pop-up Bar (2020)

rekomendasi drama korea misteri

Mystic Pop-up Bar merupakan drama korea bergenre misteri berjumlah 12 episode saja. Meski demikian serial ini bukan termasuk mini drama, karena membawa durasi panjang di setiap episodenya.

Mystic Pop-up Bar mengusung jalan cerita tentang sebuah tempat yang misterius, yang berpusat pada Bar aneh, dimana para pelanggan bukan hanya manusia saja, tapi juga menjadi langganan orang-orang mati.

5. 365: Repeat the Year (2020)

drama korea misteri terbaru

365: Repeat the Year adalah serial drama korea kriminal misteri yang terbilang underrated. Drama ini tidak hanya berfokus pada genre misteri dan cerita kriminal saja, melainkan dipadukan dengan genre fantasi yang bertajuk time travel. Pastinya menarik sekali.

Memang sih, bukan drama tentang cinta cintaan, tapi jalan cerita pembunuhan berantai bertema time travel ini menjadi daya tarik tersendiri. Karena mengusung tema time travel, sehingga alur ceritanya pun sedikit sulit dipahami. Sehingga, kemungkinan besar tidak cocok untuk semua orang. 

6. Train (2020)

drama korea misteri thriller

Train, terbilang drama korea genre misteri thriller. Ini menjadi salah satu serial action paling menegangkan selain beberapa judul drama diatas. Menurut saya pribadi, Train memiliki alur yang dramatis dan penuh konflik-konlfik besar.

Menceritakan seorang pria yang kehilangan orang paling berharga dalam hidupnya. Seo Do Won sendiri diceritakan sebagai karakter detektif kepolisian yang berusaha mengungkap misteri dibalik kematian orang tercintanya.

7. Tell Me What You Saw (2020)

film korea tentang misteri romantis

Drama korea misteri thriller selalu menyajikan plot cerita menegangkan, genre ini pun kebanyakan selalu berpusat pada tokoh-tokoh psikopat kejam, yang menjadi awal atas terjadinya konflik besar.

Tell Me What You Saw, ceritanya berpusat / mengisahkan seorang profiler jenius, dirinya terlibat kasus yang pernah terjadi di masa lalu, dimana karakter psikopat yang dikira telah mati, ternyata masih hidup, dan kembali meresahkan warga.

8. Sweet Home (2020)

drama korea bergenre misteri romantis

Salah satu rekomendasi drama korea misteri paling keren menurut mimin. Bisa dibilang Sweet Home mengusung cerita yang agak berbau horor dan supranatural. Menariknya serial Sweet Home ini dibekali genre psikologis yang bakal bikin cerita makin seru, dan mengurangi emosi.

Bersorotkan pada Cha Hyun Soo, seseorang yang mempunyai masa lalu tragis di kehidupannya, dimulai dari kehidupan sekolah yang membuatnya trauma psikologis akibat selalu terintimidasi oleh temannya. Kehidupan semakin kacau akibat kematian kedua orang tuanya.

Suatu hari ia dikejutkan akan hal-hal aneh yang terjadi di apartemennya, yakni dimana seseorang berubah wujud menjadi monster. Mungkinkah fenomena ini berhubungan atas kematian keluarganya yang misterius tersebut?.

# Drama Korea Genre Misteri Thriller 2019

9. He Is Psychometric (2019)

drama korea thriller misteri

Drama bertema kriminal dan thriller sepertinya akan semakin menarik apabila dipadukan dengan genre fantasi?. Seperti halnya serial He Is Psychometric. Drama korea bergenre fantasi misteri "He Is Psychometric" pun membawa tema menarik yang mana menjadi daya tarik tersendiri.

Cerita berfokus pada Lee An. Lee An digambarkan sebagai seseorang dengan kemampuan aneh, yakni disebut Psychometrik. Dimana berkat kemampuan ini, dirinya mampu membaca masa lalu hanya dengan menyentuh target.

Saat dewasa, dia bergabung menjadi seorang investigator, yang selalu berperan menangani kasus-kasus misterius.

# Drama Korea Genre Misteri Thriller 2018

10. Children of a Lesser God (2018)

drama korea fantasi misteri

Suka drama korea bertema detektif dan misteri?, maka tak ada salahnya kamu tonton serial keren yang satu ini. Children of a Lesser God berceritakan dua detektif yang memiliki kepribadian, serta keyakinan berbada saat menjalankan misinya.

Meski sama-sama detektif, tetapi mereka memanfaatkan keahliannya masing-masing. Seperti Cheon Jae In yang selalu mengandalkan logikanya dalam memecahkan kasus. Disisi lain, ada juga Kim Dan yang merupakan detektif berkemampuan super, namun memiliki efek samping, yang melibatkan pengelihatannya.

11. The Smile Has Left Your Eyes (2018)

drama korea genre misteri thriller

Tidak kalah seru dan tragis. Masih sama, kali ini pun termasuk drama korea tentang detektif dan psikopat, tetapi dengan cerita yang lebih unik dan menguras emosi.

The Smile Has Left Your Eyes. Menceritakan detektif yang sedang mengambil langkah untuk pensiun "dikarenakan merasa lelah akan kehidupannya. Dia terobsesi menangani kasus pembunuhan siswa yang mana terbilang misterius dan melibatkan pihak-pihak licik, dimana kasus tersebut justru dikaitkan dengan tindakan bunuh diri.

Dia mengetahui hubungan adik perempuannya bersama seorang laki laki, dimana pria tersebut diyakini sebagai orang yang terlibat kasus pembunuhan siswa tersebut. Ia pun berusaha menjauhkan dari adiknya.

Tapi....disisi lain ia mengetahui akan adiknya yang telah jatuh cinta kepadanya. Lantas, apa yang akan dilakukan sang detektif tersebut?.

# Drama Korea Genre Misteri Thriller 2017

12. Stranger (2017)

drama korea tentang misteri sekolah

Selanjutnya, drama korea genre misteri thriller dengan tema yang berfokus pada cerita kejaksaaan dan kepolisian. Yakni apa lagi kalau buka Stranger. Drama ini juga sering dikenal dengan beberapa judul alternatif, seperti Secret Forest, ataupun Forest of Secrets.

Cerita di serial Stranger ini akan selalu disorotkan pada tokoh jaksa dan detektif kepolisian, dan bisa dibilang Stranger membawa alur yang sedikit ber-unsur politik. Cocok sekali buat teman-teman yang menyukai hal berbau politik dan misteri.

13. Queen of Mystery (2017)

drama korea bertema misteri romantis

Bukanlah drama korea bertema misteri romantis, bahkan bisa dibilang nggak ada hubungan percintaan yang difokuskan di alur ceritanya. Tapi kalo soal story, saya rasa nggak perlu diragukan lagi.

Menceritakan tentang wanita yang menikah dan merelakan impiannya. Yoo Seul Ok, saat masih muda dia selalu tergila gila pada cerita misteri, dirinya pun sangat hobi membaca novel "khususnya dengan cerita yang berbau misteri. 

Selain itu, Yoo Seul Ok pernah ber cita-cita untuk menjadi detektif wanita, tapi sayang, justru merelakan impiannya dan memilih menjadi seorang ibu rumah tangga.

Pada suatu hari, Yoo Seul Ok bertemu dengan detektif Ha Wan Seung yang membuatnya semakin ingat akan impiannya di masa lalu. Pada akhirnya mereka pun bekerja sama untuk menyelesaikan sebuah kasus.

14. Circle (2017)

drama korea bertema detektif dan misteri

Circle, salah satu drama korea tentang misteri dan cinta / alias bergenre romantis yang mengangkat cerita masa kini dan masa depan. Menggambarkan orang-orang misterius yang turun ke bumi.

Secara misteri, tentu saja nggak kalah menarik dan penuh teka teki. Menurut mimin ada banyak hal keren yang diadaptasikan ke drama ini, seperti hubungan percintaan yang romantis banget "super bikin baper.

15. Innocent Defendant (2017)

drama korea tentang misteri dan cinta romantis

Menggambarkan karakter yang hidup bahagia dengan keluarga yang harmonis. Park Jung Woo adalah seorang jaksa sekaligus kepala rumah tangga. Dirinya terkenal akan perannya menangani kasus-kasus pembunuhan berantai, dam tindakan kriminal lainnya.

Suatu hari dirinya harus menjalani masa-masa sulit, yakni dimana dirinya dituduh melakukan pembunuhan. Tragisnya dia tak sadar akan dirinya yang telah memasuki sel selama 4 bulan, hal ini dikarenakan penyakit amnesia yang dia derita.

Bisa dibilang, drama korea genre misteri thriller kali ini memiliki alur cerita yang dark dan menegangkan.

16. Mad Dog (2017)

drama korea kriminal misteri

Drama korea bertema misteri lainnya adalah Mad Dog. Berbeda dengan judul sebelumnya, dimana Mad Dog cenderung membawa cerita tentang kasus-kasus gelap "penipuan".

Berpusat pada tokoh detektif yang menyembunyikan identitas aslinya dan bekerja di bidang asuransi. Tujuan awal sang detektif ialah mengungkap kasus-kasus gelap yang terjadi di perusahaan tersebut, dimulai dari penggelapan, hingga penipuan besar.

# Drama Korea Genre Misteri Thriller 2016

17. Phantom (2016)

drama bertema kriminal dan thriller

Salah satu serial menarik bertema misteri dan kriminal. Dan merupakan drama korea misteri terbaik versi mimin, meskipun bukan yang terbaik. Sinopsisnya?, mengisahkan detektif veteran yang terkenal dengan kemampuan mengingatnya yang super tajam.

Phantom, jalan ceritanya tidak berfokus pada karakter-karakter psikopat, tapi menjadi rekomendasi terbaik buat kalian yang suka film berbalut action dan misteri.

# Drama Korea Genre Misteri Thriller 2015

18. The Village: Achiara's Secret (2015)

rekomendasi drama korea misteri

Bisa dibilang drama korea genre misteri dengan cerita yang sangat-sangat dark. Story The Village: Achiara's Secret juga berkaitan dengan kasus pembunuhan.

Berceritakan sebuah desa terpencil, yang dipercaya sebagai desa adem ayem, tentram, dan selalu tenang. Diceritakan bahwa, sepanjang sejarah tidak pernah ada kasus gelap pada pedesaan tersebut. Tetapi....suatu hari ditemukan mayat yang kematiannya cukup misterius.

# Drama Korea Genre Misteri Thriller 2014

19. Gap dong (2014)

drama korea tentang detektif dan psikopat

Gap Dong, drama korea genre misteri thriller dengan story yang nggak kalah dark. Gap dong sendiri disinggung sebagai kasus yang telah terjadi 20 tahun yang lalu. Gap dong dipercaya sebagai kasus super misteri yang tak pernah terpecahkan selama 20 tahun.

Kita bakal melihat aksi epic detektif sebagai karakter utama. Diceritakan juga bahwa sang detektif sangat terobsesi pada kasus misteri tersebut, hal ini dikarenakan ayahnya mendapati tuduhan sebagai pelaku "tersangka", hingga berakhir bunuh diri.

Pastinya keren banget, mengingat plot ceritanya yang berkesan begitu dramatis. So, jangan sampai kamu lewatkan deh guys!.

# Drama Korea Genre Misteri Thriller 2012

20. Vampire Prosecutor (2012)

drama korea bergenre fantasi misteri

Vampire Prosecutor, meski secara inti bukan soal drama korea tentang pembunuh berantai, tetapi Vampire Prosecutor sangat berkaitan dengan kasus misterius. Selain itu, semakin jadi menarik berkat tema cerita yang mengusung fantasi.

Berkisahkan jaksa yang kehilangan adiknya karena pembunuhan berantai. Pada suatu hari, ia menjumpai sosok misterius yang diyakini sebagai pembunuh adiknya, ia pun mengejarnya. Tapi sayangnya tak membuahkan hasil, dan justru dirinya mengalami kejadian misterius.

Sang jaksa tak tahu menahu soal dirinya "yang secara tiba-tiba berubah menjadi sosok Vampire. Sejak malam itu, dia pun menyimpan rahasia besar terkait takdir dirinya.

Jaksa Vampire?, tentu saja bakal keren banget, dimana kita akan diperlihatkan seorang jaksa yang turun langsung ke lapangan, untuk menangani sebuah kasus.

Baca Juga:
Semua judul drama korea genre misteri thriller diatas adalah rekomendasi terbaik (versi ListPoin). Buat kamu yang gemar menonton film-film genre misteri, maka jangan sampai lewatkan deh "serial-serial drama diatas.