Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23 Film Horor Jepang Terseram Sepanjang Masa

Mulai dari kisah legenda kuno, hingga kisah urban modern!, dunia perfilman Jepang membuka lembaran kisah yang mampu memunculkan desiran ketakutan "penonton" hingga terjaga sepanjang malam. Film horor jepang rekomendasi ListPoin.com berikut, beberapa diantaranya juga terinspirasi dari kisah urban lagend.

Melalui permainan sinematik yang unik dan daya serap efek visual yang khas, rata-rata serial horor Jepang selalu berhasil, dalam menanamkan emosi mencekam yang menggigit dan sulit untuk dilupakan penontonnya.

Kalau kamu hobi menonton serial horor, maka nggak ada salahnya untuk "menguji nyali" melalui rekomendasi film horor Jepang terseram dibawah. Siapin mental untuk menghadapi sensasi teror mencekam dan menegangkan, yang tentunya memberi suasana berbeda dari film horor lainnya.

Salah satu keunikan dari film horor jepang adalah, mereka nggak cuma menawarkan adegan seram saja, namun juga visual yang khas, pembawaan cerita yang selalu menghipnotis penonton. Walaupun nggak dipungkiri, terkadang, film jepang justru mengusung cerita yang monoton. Tetapi, ada banyak juga film jepang yang memiliki kisah menarik, salah satunya adalah Sadako.


# Apa Saja Film Horor Jepang Terseram Sepanjang Masa?

Ingin merasakan sensasi dan pengalaman horor yang berbeda?, maka 23 film horor jepang terbaik berikut "wajib kamu tonton!. Film berikut ini nggak cuma memberi pengalaman yang mencekam, tentunya juga membangkitkan perenungan atas makna-makna tersembunyi dibalik ketakutan itu sendiri. Apa saja?, Langsung simak penjelasan lengkap berikut!

1. Ringu - 1998

film horor jepang terseram sepanjang masa

Terbayangkah sebuah video misterius yang berisi kutukan mengerikan? Itulah yang terjadi dalam "Ringu." film horor Ringu' ini mengajak kita menyelami kisah seorang reporter yang mencoba mengungkap misteri di balik legenda urban mematikan. Dengan suasana gelap dan visual yang memukau, "Ringu" menebarkan teror yang nyata. Setiap momennya terasa tegang, membuat jantung berdebar tak karuan.

Kehadiran sosok Sadako, gadis berambut panjang yang menjadi pusat kutukan, semakin menambah kengerian. Gerakannya yang lambat dan tatapan matanya yang kosong, ini akan meninggalkan kesan yang sangat mistis. Satu hal yang pasti, Ringu adalah salah satu film hantu jepang paling seram, khusus buat kamu yang suka dengan kisah-kisah horor menegangkan.


2. Ju-On: The Grudge - 2002

film horor jepang terseram

Salah satu film hantu jepang terseram, yang menyinggung tentang "kisah" rumah tua dengan segudang rahasia gelap. Ju-On: The Grudge. Di sana, terjalin kisah yang merangkai setiap luka, kebencian, dan dendam yang tidak pernah padam. Tempat tersebut menjadi kuburan yang mengintai bagi setiap orang yang melangkah didalamnya.

Setiap orang yang terjerat dalam bayang-bayang rumah itu, tanpa terkecuali, berbagi takdir mengerikan. Mereka berubah menjadi roh-roh yang tersiksa, bertekad menghantui dan menyerang siapa pun yang melanggar ruang privasi mereka. Kayako dan Toshiro, dua figur yang paling menyeramkan di sana, membawa teror yang tak terlupakan.

Saking seramnya, Ju-On dipercaya mampu mempengaruhi psikologis penonton, hal inilah yang akan membuat kamu sulit melupakannya. Gimana guys?, penasaran?


3. Dark Water - 2002

rekomendasi film horor jepang

Berikutnya "Dark Water" menciptakan narasi horor yang tak lazim dari kisah-kisah sebelumnya. Nggak hanya sekadar menampilkan serangkaian adegan mencekam, melainkan merangkai elemen psikologis dan misteri menjadi porsi utama cerita. 

Cerita berpusat pada seorang ibu tunggal yang terjebak dalam serentetan peristiwa aneh di apartemen lamanya. Dan seiring berlalunya waktu, tabir misteri mulai terbuka dan kebenaran yang terungkap begitu mencekam.

Mitsuko, hantu yang menjadi pusat misteri, hadir dengan penampilan yang pucat dan rambut panjangnya, memancarkan aura kengerian yang menakutkan. Film ini akan membuka gerbang menuju rasa ketakutan, dan dipercaya mampu merambah kedalaman psikologis para penontonnya.

Masyarakat mengklaim jika Dark Water merupakan mahakarya dimasanya, karena alur dan konsepnya sangat mendalam dan realistis.


4. One Cut of the Dead - 2017

film jepang horor

Di dalam sorotan terang panggung film horor komedi Jepang "One Cut of the Dead," tersembunyi cerita tak terduga. Dimana adegan demi adegan teror yang direkam secara "live" ternyata bukanlah sebuah settingan, melainkan, kepanikan dan tragedi yang nyata dari para aktor. Kita akan melihat sebuah adegan, dimana para aktor kocar-kacir akibat serbuan zombie.

Memang tak seseram yang kita bayangkan, karena juga berfokus pada cerita komedi. Tetapi nggak cuma itu, One Cut of the Dead juga menampilkan momen-momen tak terduga yang membuatnya begitu menarik, seperti sebuah teka-teki yang berhasil memikat perasaan penonton.


5. Audition - 1999

film hantu jepang terseram

Audition menawarkan pengalaman horor yang mengguncangkan lewat plotnya yang tak terduga dan pemeranan psikopat yang mempesona. Kisahnya memaparkan seorang duda yang menggelar proses seleksi istri melalui audisi. Namun, di balik penampilan wanita yang dipilihnya, tersimpan rahasia kelam yang mengerikan.

Di awalnya, akan menyoroti alur yang santai, seperti cerita cinta yang hangat dan penuh kesentuhan. Namun, di tengah perjalanan, benang-benang merah aneh mulai terlihat. Transformasi karakter wanita dari yang lembut menjadi sosok yang membingungkan dan penuh ancaman pun perlahan terungkap.

Adegan penyiksaan yang kejam dan mengerikan juga akan ditampilkan secara "tak main-main!. So, buat kamu yang suka dengan genre horor thriler maka wajib sekali untuk menonton.


Baca Juga:


6. Pulse - 2001

film hantu jepang paling seram

Pulse diklaim sebagai film jepang paling menyeramkan, karena membawa suasana horor yang tak tertandingi "kala itu."

Mengeksplorasi keterkaitan antara teknologi modern dan 'perasaan kekosongan' yang menyelimuti keberadaan manusia. Ini menyoroti bagaimana teknologi yang seharusnya menjadi sarana penyatuan, justru menjadi media kejahatan yang merambah ke dunia nyata. 

Internet, yang semestinya menjadi ruang akrab untuk berkomunikasi, dihadirkan dalam Pulse sebagai wadah bagi keberadaan roh jahat yang bertujuan mencari mangsa untuk menghuni kekosongan mereka

Di sini kita akan menyaksikan bagaimana teknologi yang kita gandrungi justru menjadi jalan bagi makhluk tak kasat mata. Ketika seseorang asyik berselancar di internet, tak ada yang pernah tau bahwa, mungkin, sosok tak kasat mata sedang mengintai di balik monitor mereka.


7. Noroi: The Curse - 2005

Noroi The Curse - 2005

Di dalam gemerlap sebuah dokumenter misterius, Noroi: The Curse mengajak kamu memasuki pintu menuju 'dunia kuno', yang dirundung kutukan serta segala konsekuensi mengerikan yang menyertainya. 

Film horor jepang tentang kutukan kali ini akan membawamu pada sebuah lorong mencekam, mengikuti jejak seorang jurnalis pemberani yang berusaha mengungkap serangkaian kejadian aneh dan menakutkan.

Rasanya seperti menyaksikan investigasi aktual dalam dunia nyata, namun diselipkan dengan sentuhan ketegangan horor yang mematikan. Sebuah pengalaman yang mengajak penonton untuk merasakan sensasi ketegangan seperti yang berbeda dari biasanya.

Semakin menambah daya tarik unik, dengan adanya konsep teka-teki yang menguras emosi!


8. Kwaidan - 1964

film horor jepang lawas

Merupakan judul lawas, yang mengangkat kisah klasik Jepang, menjalin serangkaian naratif saling terkait, masing-masing dengan rahasia dan kehororannya tersendiri. 

Mulai dari legenda tentang samurai yang terkutuk hingga kisah seorang wanita yang terjebak di alam roh, "Kwaidan" membawa penonton melangkah ke dalam alam supernatural yang menyeramkan.

Perjalanan di setiap kisah yang menghantui akan merasuk jauh kedalam ingatan penonton. "Kwaidan" nggak cuma memberi sensasi horor mencekam, perjalanan spiritual akan membekas dalam alam bawah sadar setiap penonton.


9. Battle Royale - 2000

film horor jepang tentang permainan

Film horor jepang tentang sekolah, yang telah mengispirasi beberapa series populer.

Cerita berfokus pada dunia yang terbalut dalam kekacauan dystopia, memaksa para siswa sekolah untuk berpartisipasi dalam permainan mematikan bernama "Battle Royale" dimana bertahan hidup artinya harus saling membinasakan satu sama lain. Kebayang nggak seremnya?

Film ini kira-kira membawa konsep yang mirip seperti Squid Game dan Alice in Borderline. Tepat sekali!, ini adalah sebuah misi tragis 'antara hidup dan mati'.

Tak ada tempat bagi belas kasihan di arena ini, dimana anak-anak terpaksa menghadapi siksaan neraka: bertarung hingga ajal menjemput. Film ini dijamin akan membuat penonton terombang-ambing!, antara rasa ngeri melihat kekejaman yang dipaksakan pada para remaja, juga ditarik dalam refleksi gelap tentang sifat kemanusiaan.


10. The Grudge - 2004

the grudge 2004 kayako

Film hantu jepang yang nggak kalah seru!. Pada film "The Grudge" penonton akan dihadapkan pada kisah yang kelam, serta dendam tak berujung. Ini menyoroti kisah wanita bernama 'Kayako Saeki', ia merupakan seorang ibu yang meninggal secara tragis dalam kekejaman dirumahnya. Kehadiran murkanya kini mengintai siapa pun yang menginjakkan kaki di rumah itu. 

Dendam dan kebencian yang terus menyala, membelenggu siapapun yang berani menyelusuri lorong-lorongnya. Ia akan menyebarkan rasa takut, memaksa mereka merasakan rasa takut hingga sisi psikologis. 

Adegan-adegan mencekam didalamnya sukses membangkitkan bulu kuduk yang merinding dan menggiring detak jantung setiap penontonnya. Tertarik menonton?, maka siapkan mental kalian guys!


11. Gonjiam: Haunted Asylum - 2018

Gonjiam Haunted Asylum - 2018

Film horor dengan dark story dan misteri yang amat kental.

Gonjiam Haunted Asylum akan mengajak penonton menjelajahi rumah sakit jiwa terbengkalai. Sebuah tim penggila petualangan, yang terdiri dari pembuat film dokumenter berani, memasuki bangunan itu dengan tujuan merekam segala aktivitas gaib yang mungkin terjadi di sana.

Gonjiam membawakan daya tarik luar biasa melalui teknik visualnya. Dengan penggunaan kamera yang bergerak liar dan sudut pandang yang tak biasa, penonton seakan dihadapkan pada pengalaman nyata. Adegan-adegan menakutkan, mulai dari penampakan hantu dan suara-suara tak lazim, sukses menciptakan sensasi merinding yang sulit dilupakan, peristiwa-peristiwa di film ini benar-benar tampak realistis.


12. Carved: The Slit-Mouthed Woman - 2007

Hantu jepang mulut terbelah

Film horor Jepang berdasarkan kisah nyata! Berpusat pada Legenda urban Jepang tentang wanita dengan mulut terbelah. Sosok hantu inilah yang menjadi inti cerita dalam Carved: The Slit-Mouthed Woman. Cerita ini mengisahkan tentang wanita misterius yang menyeramkan, dengan wajah khasnya,  ia berhasil menebar rasa takut kepada orang-orang. 

Carved mempersembahkan horor dari mitos urban tersebut dengan cara yang menarik. Kehadiran menakutkan Kanae Ueda sebagai wanita berwajah seram dengan mulut terbelah berhasil menciptakan ketegangan yang luar biasa. Setiap adegan di mana dia muncul menggugah rasa ngeri dan bagi setiap penontonnya.

Bahkan dalam kehidupan nyata, karakter wanita "hantu mulut terbelah" ini dipercaya sebagai hantu paling khas dan ditakuti 'di negara jepang. Siap uji nyali?


13. Tetsuo: The Iron Man - 1989

film horor klasik hitam putih

Tetsuo: The Iron Man merupakan film horor klasik hitam putih yang rilis pada tahun 89. Dimasanya, Tetsuo diyakini sebagai eksperimen yang tak tertandingi dari Jepang. Walaupun secara visual sudah ketinggalan zaman, namun suasana horor justru berkesan lebih kental.

Kisah mengarahkan kita pada perubahan seorang pria bernama Tetsuo, yang menemukan alat misterius yang secara perlahan-lahan mengubah dirinya menjadi manusia berbahan logam. Transformasi ini tak hanya menguatkan fisiknya, tapi juga merenggut sisi kemanusiaannya.

Film horor jepang lawas ini sangat direkomendasikan, khususnya buat kamu yang suka nostalgia dengan mahakarya lawas.


14. Infection - 2004

Infection - 2004

Infection memaparkan kisah tegang yang dari seorang dokter muda, Dr. Saito. Ia terjerat dalam kesalahan besar saat melakukan prosedur operasi yang fatal. Sentuhan tak sengaja ini menjadi katalis penyebaran infeksi mematikan, memicu kematian tak terhindarkan bagi pasien dan menyebabkan rumah sakit berada di kekacauan besar.

Dr. Saito terpaksa melawan waktu dan situasi, berusaha keras menghentikan laju infeksi yang mengancam jiwa pasiennya. Namun, rintangan-rintangan tak terduga mulai muncul, bukan hanya dari rekan-rekan sejawatnya, tetapi juga dari birokrasi di balik koridor rumah sakit.

Dengan sajian adegan yang amat mengerikan, serta membawa plot membelit dan sulit ditebak. Setidaknya, kita harus benar-benar mengamati adegan demi adegan, untuk bisa memahami jalan ceritanya.


15. Uzumaki - 2000

Uzumaki - 2000

Kisah berpusat pada sebuah kota kecil di Jepang, yang terjerat sebuah kutukan aneh 'spiral misterius' yang mengubah segalanya. Dalam keanehan ini, penduduk kota tidak hanya berubah secara fisik, tetapi juga jiwanya terpilin dalam alur spiral yang tak terhindarkan.

Berbeda dengan kebanyakan film horor, "Uzumaki" memperlhatkan jalan cerita yang unik, dengan misteri yang sulit ditebak, cerita yang berkesan tak lazim dan visual yang menghipnotis setiap penonton.

Tak hanya menakutkan saja, tapi juga hadir dengan sentuhan horor menegangkan, hingga adegan yang sulit kita lupakan. Tentunya film Uzumaki sangat cocok ditonton bagi pecinta genre misteri horor.


16. The Wailing - 2016

The Wailing - 2016

The Wailing memang bukan film jepang, melainkan proyek horor asal korea selatan, namun ada beberapa alasan mengapa saya memasukannya pada review ini. Salah satunya, karena cerita film ini juga berhubungan dengan jepang.

Cerita dari The Wailing sendiri berfokus pada seorang pria asal jepang bernama 'Jun Kunimura', pria ini diduga terlibat dengan kasus kematian misterius. Ini menyajikan cerita yang membingkai kompleksitas keluarga, kisah cinta, dan pengorbanan, yang menawarkan lebih dari sekadar sensasi horor.


17. Puppet Master - 1989

Puppet Master - 1989

Puppet Master memperkenalkan penonton pada koleksi boneka yang menyimpan rahasia mengerikan. Judul klasik ini memamerkan karakter boneka pembunuh yang tak kalah ikoniknya, dengan film sejenis.

Ceritanya sendiri berpusat pada seorang pria bernasib sial, karena mewarisi boneka-boneka ini, tanpa menyadari bahwa mereka adalah sarang roh jahat yang haus darah. Lalu apa yang terjadi pada pria ini setelahnya? Tentu, kita bisa menebak ending dari kehidupan pria tak beruntung ini.

Secara konsep mungkin sudah menjadi hal yang biasa, dikarenakan konsep boneka hantu sudah sangat sering kita temui di berbagai film horor. Tapi, jangan lupa bahwa, Puppet Master adalah 'konsep' yang menjadi sumber inspirasi di series horor modern.


18. Jigoku - 1960

Jigoku - 1960

Sesuai dengan judul, Jigoku yang artinya adalah 'neraka', bakal mengajak kamu menyusuri dunia penuh siksaan: neraka, dimana pelaku dosa menanggung siksaan abadi. Sutradara Nobuo Nakagawa melukis gambaran penderitaan manusia dengan keahlian yang benar-benar mendalam.

Jigoku menghadirkan adegan-adegan yang tak terlupakan, dan menciptakan luka emosional yang dalam bagi penonton.

Meskipun lahir pada era 1960-an, "Jigoku" masih terasa relevan dengan dinamika sosial-politik di zaman modern. Dalam esensinya, film ini merupakan sorotan tajam terhadap kekejaman, keserakahan, dan godaan ketamakan yang menggerogoti struktur masyarakat.

Melalui film jadul ini, kita bisa mengambil sebuah pelajaran, dimana setiap tindakan buruk pasti memiliki konsekuensinya.


19. Sadako - 2019

film horor jepang yang paling seram

Merupakan sosok hantu ikonik dari seri Ringu, yang kini kembali muncul pada seri modernnya seperti: Sadako vs. Kayako 2016, hingga Sadako DX. Sadako sendiri masuk sebagai series horor terpopuler di jepang, hingga pada seri terbarunya. Dalam kisah terbarunya ini "Sadako 2019", Sadako mengeksplorasi cara-cara baru, bagaimana kutukan video Sadako dapat menyebar melalui internet, serta mengamcam nyawa orang-orang.

Di tengah hantaman horor klasik, "Sadako" menggabungkan elemen-elemen modern yang inovatif. Ini membawa perpaduan antara cerita klasik tentang kutukan dengan perangkat teknologi terkini, menciptakan suasana horor yang semakin mencekam.


20. Sadako DX - 2022

film horor jepang terbaru

Sadako DX Merupakan Film horor jepang terbaru rilisan 2022, dan masih membawa fokus cerita yang sama seperti seri sebelumnya.

Melanjutkan dari kisah sebelumnya. Kisahnya berpusat pada Ayaka Ichijo, mahasiswi yang cerdas dan penuh tekad. Ia bersiap mengungkap tabir misteri di balik teror yang memakan korban jiwa, terutama setelah adiknya, Futaba, yang tak sengaja menonton video mematikan itu demi kesenangan semata, hingga berakhir kematian misterius.

Mereka pun mendapat bantuan dari seorang paranormal berbakat dan peramal dengan kemampuan mistis. Namun, pertanyaannya tetap menggantung: mampukah mereka mengurai benang merah misteri ini sebelum semuanya terlambat? Mampukah mereka memecahkan kode yang menyelimuti teror yang semakin memburuk ini?


21. Riaru Onigokko - 2015

film horor jepang bus terpotong

Film horor jepang bus terpotong - Kisah berawal dari tragedi misterius. Sebuah kejadian aneh di bus sekolah menyebabkan kepala seluruh penumpangnya terputus dengan cara mengerikan. Hanya sebuah kebetulan, Mitsuko berhasil bertahan hidup, karena saat itu, dia sedang membungkuk untuk mengambil sebuah pulpen yang terjatuh. Tetapi, kehidupannya tidak kembali ke kondisi normal setelah peristiwa itu.

Mitsuko justru terperangkap dalam serangkaian peristiwa ganjil yang tampaknya tak berhubungan satu sama lain. Kengerian yang dialaminya tak terjelaskan dan seolah berasal dari dimensi lain.


22. Helter Skelter - 2012

film horor jepang berdasarkan kisah nyata

Membeberkan kisah dari "seorang model wanita yang melakukan operasi plastik." Dia berusaha mempertahankan popularitasnya dan menghindari hujatan, dengan menjalani serangkaian prosedur kosmetik, namun justru berujung tragis.

Langkah yang diambilnya malah membawa dirinya sendiri terperosok ke dalam jurang kelam, yang dipenuhi dengan ancaman mengintai. Selain itu, risiko-risiko dari berbagai operasi yang dijalaninya juga menyimpan bahaya yang mengancam keselamatannya.

Bagi para penggemar manga genre horor, tak asing dengan kisah ini. Film "Helter Skelter" di layar lebar ini diadaptasi dari sebuah manga dengan judul yang sama.


23. Stacy - 2001

Stacy - 2001 komedi

Sebagai bonus, kamu mungkin ingin merasakan suasana berbeda dari movie horor. Berbeda dari judul-judul film seram diatas, Stacy justru lebih berpusat pada cerita komedi. Ini mengisahkan seorang gadis SMA yang meninggal secara tragis dan bangkit kembali sebagai zombie. Namun jangan berekspektasi terlalu tinggi.

Film horor dengan sentuhan humor sepertinya tak begitu buruk, tentu bisa menjadi pilihan aternatif selain judul sebelumnya.


# Penutup

Sebagai kesimpulan, bagi para penggemar sejati series horor, 23 judul "rekomendasi film horor jepang terseram sepanjang masa" ini adalah tontonan yang wajib!, khususnya bagi kamu yang gemar dengan tantangan menegangkan dan menguji nyali. List film ini akan memberimu pengalaman serem tak terlupakan, dan menantang adrenalin.

Namun, pastikan juga kamu memiliki mental yang kuat, karena film kali ini akan menguji batas-batas kewarasanmu. Jadi gimana sob? Berani nonton?, siap-siap untuk merinding!