Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Drama Korea Tentang Kerajaan Kolosal Romantis dan Terbaik

Drama Korea Tentang Kerajaan - Film drama tentang kerajaan sendiri sudah cukup populer di dunia, dan film jenis ini sudah banyak diproduksi oleh beberapa negara tertentu "salah satunya adalah Indonesia" terutama untuk film-film kerajaan bertema kolosal. Dan seperti yang kita ketahui bahwa film kolosal Indonesia sendiri juga cukup sering kita temui di televisi.

Namun sayangnya film kolosal Indonesia masih jauh dari kata sempurna. Karena adegan-adegan yang justru berkesan aneh dan kurang menarik "bagi orang tertentu". Selain itu drama kolosal Indonesia juga nggak bersahabat untuk semua umur. Itu sebabnya kebanyakan orang jauh lebih tertarik untuk menonton drama kolosal korea

Apalagi mengingat drama korea tentang kerajaan kolosal selalu terdapat unsur-unsur romance "dan ini mungkin adalah salah satu alasan terkuat" mengapa drama kolosal korea jauh lebih banyak diminati.

Kumpulan Drama Korea Tentang Kerajaan Kolosal Romantis dan Terbaik

Drama korea bertema kerajaan pun juga selalu mengambil konsep dan jalan cerita yang berbeda-beda, seperti tentang sejarah, fantasi dan masih banyak lagi. Tentunya judul drama korea tentang kerajaan
dibawah ini juga bergenre romantis, sehingga cocok sekali buat yang suka nonton serial drama ataupun film-film romantis.

# Drama Korea Tentang Perjalanan Waktu Kerajaan 2020

1. The King: Eternal Monarch (2020)

drama korea tentang kerajaan modern

Di urutan pertama drama korea tentang kerajaan, ini mungkin adalah sesuatu yang baru, The King: Eternal Monarch berceritakan tentang sebuah benda kuno yang dapat membuka pintu menuju dunia lain "dunia paralel". 

Serial drama bertema isekai mungkin sudah cukup umum jika kita berbicara soal Anime. Tetapi, dalam drama korea, ini menjadi sesuatu yang nggak biasa dan sangat jarang diadaptasikan.

Drama korea tentang putra mahkota - Sesuai dengan alur cerita drama kali ini, The King: Eternal Monarch menceritakan tentang putra mahkota dari kerajaan di dunia modern, sebagai kerajaan korea. Kita bakal disuguhkan cerita apik, mengenai perjalanan Lee Gon "Lee Min Ho" yang menjelajah waktu, seperti menjelajah ke masa depan, dan kembali ke masa lalu.

Tak hanya itu saja, drama korea tentang kerajaan modern ini pun semakin menarik berkat unsur-unsur romance yang dijamin bikin baper para penontonnya.

2. Mr. Queen (2020)

drama korea tentang kerajaan

Mr. Queen juga salah satu drama korea kerajaan terbaru 2020 yang berjalan cerita apik. Mr. Queen berbeda dengan drama di atas, jika The King: Eternal Monarch berceritakan tentang kerajaan di dunia modern, maka Mr. Queen berceritakan tentang seseorang dari masa depan "dunia modern" yang menjelajah ke era joseon. Sampai disini aja, kesannya udah menarik banget kan?

Drama korea kembali ke masa joseon
juga sepertinya sangat jarang kita temui, yang tentunya sangat unik, dan berkesan nggak biasa. Menariknya lagi, drama korea tentang kerajaan berjudul Mr. Queen ini juga bergenre komedi, yang pastinya bakal semakin menghibur dengan adegan-adegan kocaknya.

Di dunia modern asalnya, Jang Bong Hwan adalah seorang koki hebat yang bertanggung jawab di istana negara, dan suatu hari, entah mengapa terjadi keanehan yang diluar nalar. Dimana jiwanya melayang dan merasuki seorang ratu di era joseon.

Sudah pasti adegan drama ini bakal super kocak, di awal saja kita akan diperlihatkan, dimana seorang ratu memiliki jiwa laki-laki, berkat jiwa seseorang yang terjebak didalamnya. Kebayang nggak kalau suatu saat ada yang naksir, sementara, kesadaran jiwanya adalah laki-laki?.

# Drama Korea Kerajaan Terbaik 2019

3. Mung Bean Flower (2019)

drama korea kerajaan terbaik

Sebut saja sebagai drama korea kerajaan terbaru 2019. Setelah beberapa tahun sejak rilis, nampaknya tak membuat Mung Bean Flower ditinggalkan para penontonnya, karena terbukti sampai saat ini masih memiliki banyak penonton setia.

Dan sudah pasti dong! Mung Bean Flower ini salah satu drama korea tentang kerajaan yang mimin rekomendasikan. Kali ini memang bukan drama korea tentang perjalanan waktu kerajaan seperti judul drama korea romantis diatas. Tetapi Mung Bean Flower juga termasuk drama korea kolosal terbaik yang harus kamu tonton.

Drama korea kolosal romantis kali ini menceritakan kisah perang saudara, alias konflik besar-besaran yang terjadi pada kedua belah pihak, dan melibatkan pihak tertentu yang seharusnya tidak ikut campur.

Mung Bean Flower adalah drama korea dengan jalan cerita yang dramatis abis!, dan menarik. Untuk mengikuti jalan ceritanya, kamu benar-benar harus teliti dalam mengamati kisah demi kisah di setiap episodenya.

4. Haechi (2019)

drama korea tentang putra mahkota

Masih belum cerita soal dinasty joseon!, serial drama korea tentang kerajaan terbaru ini juga tak kalah serunya. Haechi drama rilisan 2019 ini juga tertuju pada kisah dan kehidupan seorang pangeran dari dinasty / kerajaan di era joseon.

Lee Geum merupakan pangeran tampan dari suatu kerajaan, namun status dan kehidupannya sebagai pangeran tidak pernah di akui, dan selalu dianggap sebagai orang rendahan. Hal ini dikarenakan ibunya yang bukan dari keluarga kelas atas "elit".

Haechi adalah drama korea kerajaan romantis besutan SBS, yang masuk sebagai salah satu the best drakor pada tahun 2019 lalu. Selain itu, satu hal menarik dari drama ini adalah, jalan ceritanya yang melibatkan petualangan, sehingga bakal sangat seru.

# Drama Korea Tentang Kerajaan Joseon 2018

5. 100 Days My Prince (2018)

drama korea kerajaan kisah nyata

Drama korea kerajaan komedi romantis - Lee Yool adalah seorang pangeran / putra mahkota, dia merupakan tipe orang yang serba sempurna dalam hal apapun. Pada suatu hari dia mengalami kecelakaan, terjatuh dari sebuah tabing dan membuatnya terluka parah.

Lalu terjadilah sebuah keanehan, dimana dirinya berubah wujud menjadi orang tidak berguna bernama Won Deuk. Setelah 100 hari menghilang dia pun kembali ke tempat asalnya.

Apa yang dia lakukan selama 100 hari menghilang?, cukup menarik sih jika kita mengamati jalan ceritanya. Tentunya 100 Days My Prince juga menyajikan komedi-komedi super kocak yang siap menghibur kamu.

6. The Last Empress (2018)

drama korea tentang kerajaan goryeo

The Last Empress mengisahkan wanita pemusik yang menikahi seorang kaisar, drama korea bertema kerajaan mempunyai konflik yang cukup besar dan rumit dari jalan ceritanya.

Secara The Last Empress memang merupakan drama romance, namun ada banyak hal menarik selain soal kisah percintaan. Dari sini kita bakalan disuguhkan kisah yang seru terkait adegan-adegan perkelahian dan perebutan kekuasaan.

7. Joseon Beauty Pageant (2018)

drama korea tentang perjalanan waktu kerajaan

Drama korea kolosal romantis selanjutnya. Juga salah satu drama kolosal korea yang mengambil tema musikal. Joseon Beauty Pageant masih menceritakan era kerajaan dinasty joseon seperti judul-judul drakor atas.

Secara keseluruhan cerita Joseon Beauty Pageant memang cukup bagus, tetapi sangat disayangkan, karena episode drama Joseon Beauty Pageant banyak berdurasi sangat pendek, yakni hanya berjumlah 2 episode saja.

Meski demikian, film pendek korea romantis Joseon Beauty Pageant ini wajib kalian tonton.

8. Grand Prince (2018)

drama korea bertema kerajaan

Grand Prince menceritakan seorang perempuan di kerajaan joseon, dia adalah wanita sempurna yang menjadi idaman semua orang, selain itu Sung Ja-Hyun juga lahir dari keluarga ternama yang membuatnya dilirik oleh banyak pencalon pangeran.

Bisa dibilang, alur cerita Grand Prince bakal menampilkan karakter-karakter bucin didalamnya, dimana akan melibatkan konflik besar yang diluar dugaan hanya untuk memperebutkan cinta mereka masing-masing.

Drama korea tentang kerajaan joseon selalu membawa jalan cerita yang unik, dan nggak jarang akan menghasilkan nuasa melodrama yang sangat kental.

9. Mr. Sunshine (2018)

drama korea kerajaan romantis

Sejujurnya mimin males membahas drakor yang satu ini, alasannya karena Mr. Sunshine sudah terlalu sering dibahas. Namun apa boleh buat, soalnya postingan kali ini bakal berkesan aneh apabila Mr. Sunshine tidak masuk dalam list rekomendasi drama kolosal korea terbaik sepanjang masa kali ini.

Alasan mengapa Mr. Sunshine disebut sebagai drama korea kerajaan terbaik sepanjang masa?, karena drama ini memang sempat trending di tahun 2018 lalu, kita bisa membuktikan melalui rating yang terbilang cukup tinggi.

Selain itu Mr. Sunshine membawakan plot twist yang tidak biasa dan berkesan fresh. Pasalnya tema dari inti cerita drama ini jarang sekali kamu temukan pada film-film drama lainnya.

# Drama Korea Kolosal Terbaik Sepanjang Masa 2017

10. Rebel: Thief Who Stole the People (2017)

rekomendasi drama korea kerajaan

Beberapa tahun yang lalu Rebel diakui sebagai salah satu top drama korea kolosal romantis terbaik sepanjang masa. Bahkan drama ini sempat membuat mimin terkesan berkat jalan ceritanya yang keren abis!.

Rebel: Thief Who Stole the People bercerita tentang Gil Dong yang merupakan anak perkasa "anak ajaib dengan kemampuan dan ketahanan fisik yang luar biasa". Gil Dong hidup bersama orang tuanya sebagai pelayan di kerajaan joseon.

Dia adalah raja yang licik dan kejam, serta selalu bertindak kotor hanya di karenakan masalah sepele. Ada banyak konflik besar, mulai dari penghianatan, penyuapan, dan hal kotor lainnya yang terjadi di bawah kekuasaan kerajaan.

Setelah ibunya meninggal, ayah Gil Dong berkhianat dan membentuk sebuah pasukan revolusi untuk memperebutkan keadilan. Hingga lebih dari 1 dekade berlalu, ayahnya tertangkap dan di siksa secara kejam.

Gil Dong yang telah dewasa pun berencana untuk membalaskan dendam orang tuanya, hingga dia membentuk pasukannya sendiri.

Rebel: Thief Who Stole the People adalah salah satu melodrama yang menyajikan kisah-kisah paling menyedihkan di setiap adegannya.

11. Ruler: Master of the Mask (2017)

drama korea kolosal romantis

Ruler: Master of the Mask juga merupakan drama korea tentang putra mahkota yang bertema dinasty joseon. Drama kali merujuk pada seorang putra mahkota bernama Lee Sun, yang atas alasan tertentu menjadi satu-satunya harapan bagi para warga.

Selain merujuk pada sang pangeran tampan Lee Sun, kita juga diperlihatkan sosok wanita cantik Ga Eun sebagai pasangannya. Dia mempunyai peran sebagai pendukung, yang juga memberi jasa sangat besar bagi Lee Sun.

Kisah percintaan di drama ini terbilang indah, dan tidak menunjukkan scene-scene tragis seperti judul sebelumnya. Sebagai kekasih sekaligus pendukung Lee Sun, Ba Eun juga berperan besar dalam pencapaian Lee Sun sebagai penguasa joseon.

12. My Sassy Girl (2017)

drama korea tentang kerajaan joseon

Buat anak-anak 90-an mungkin tak asing lagi dengan judul My Sassy Girl ini bukan?. Tapi jangan salah dulu guys, karena kali ini berbeda dari apa yang kamu pikirkan. Berbeda dengan film pendek korea romantis My Sassy Girl "seperti yang kita ketahui". My Sassy Girl kali ini mempunyai tema cerita tentang kerajaan dinasti joseon.

Selain itu, kali ini juga bukan film pendek berdurasi 1 jam, melainkan adalah serial drama berjumlah 32 episode.

Jika kamu sedang mencari rekomendasi drama korea dokter kerajaan maka My Sassy Girl 2017 ini adalah salah satunya. Namun inti cerita bukanlah mengenai hal tersebut.

My Sassy Girl bercerita seorang putri kerajaan Hye Myung yang selalu menyebabkan masalah, serta pria ber kepribadian cuek dan dingin yang dikenal dengan nama Gun Woo. Drama ini berfokus pada kisah cinta antara dua karakter tersebut.

Bakal menjadi pilihan paling tepat, apabila kamu suka akan film-film bertema full romance.

13. Saimdang, Memoir of Colors (2017)

drama korea kerajaan terbaik sepanjang masa

Nggak kalah seru nih guys, kali ini nggak cuma berfokus pada hubungan percintaan saja, drama korea tentang sejarah kerajaan ini memang nggak menghadirkan konflik-konflik besar, namun alur ceritanya bersifat misteri. Karena selain bergenre romantis, Saimdang, Memoir of Colors sendiri membawa tema history, dan misteri.

Drama korea kerajaan terbaru 2017 - mungkin aneh jika kita menganggap sebagai serial drama terbaru, tetapi bukan masalah besar, karena kita bakal disuguhkan banyak hal-hal seru pada drama kali ini.

Apa saja hal menarik dari drama Saimdang, Memoir of Colors ini?, tentunya kita bakal disajikan seputar sejarah yang berbau misteri.

Sinopsis singkatnya: tertuju pada seorang dosen seni "korea selatan" Seo Hi Yoon. Dia tak sengaja menemukan catatan alias buku harian bersejarah, yang dia dapatkan melalui sebuah toko bernama Saimdang..

Dia terkejut karena menemukan sesuatu yang menarik pada catatan harian tersebut, kemudian berupaya mengungkap misteri yang tercatat didalamnya. Lalu siapakah tokoh lagenda dari pemilik buku harian tersebut?, sangat menarik kita saksikan!.

# Drama Korea Tentang Putra Mahkota 2016

14. Hwarang: The Beginning (2016)

drama korea kembali ke masa joseon

Drama korea kerajaan terbaru 2016 yang juga bertajuk fantasi romantis. Hwarang: The Beginning mengisahkan "Hwarang" yang merupakan salah satu anggota dari kelompok kesatria elit, dengan kekuatan dan kemampuan yang melebihi manusia biasa.

Scene-scene drama ini terasa cukup greget, karena Hwarang: The Beginning juga akan mengisahkan pihak-pihak busuk, dan orang-orang yang selalu mementingkan otoritasnya sendiri.

Akan dimulai sebuah konflik besar-besaran bersama para bangsawan busuk, yang dikenal selalu mementingkan ego dan harga dirinya melebihi hal apapun.

15. Moon Lovers Scarlet Heart: Ryeo (2016)

drama kerajaan korea romantis

Film korea tentang kerajaan joseon kali ini tertuju pada Wang Soo. Seorang pemuda tampan yang juga dikenal sebagai pewaris sejati kekaisaran. Meski dirinya hidup dalam masa depan yang cerah, dan merupakan seorang pewaris. Tetapi Wang Soo tidak menyukai jika dirinya menjadi sorotan publik.

Dalam hal ini, Wang Soo memilih untuk menutupi kehidupan yang sebenarnya. Pada dasarnya dia adalah tipe orang yang berhati dingin dan cuek, tetapi, sebenarnya dia merupakan pria yang baik kepada semua orang.

16. Moonlight Drawn by Clouds (2016)

drama korea tentang sejarah kerajaan

Moonlight Drawn by Clouds - juga salah satu drakor terbaik bertajuk drama kolosal romance yang diadaptasi dari sebuah novel. Drama rilisan 2016 ini sebenarnya sama-sama bagus dan rekomended buat kalian tonton.

Masih tekait sejarah dan kerajaan di era joseon. Walaupun drama ini tidak terlalu populer, tetapi nggak ada salahnya kalian saksikan.

Drama kolosal romantis yang satu ini tidak menampakkan banyak scene pertarungan yang besar, namun latar cerita tetap berjalan lurus dan penuh konflik, layaknya cerita drama pada umumnya.

17. Mirror of the Witch (2016)

drama kolosal korea romantis

Drama fantasi romantis bertema kolosal pastinya menarik banget kan?, dan inilah ciri-ciri serial drama yang paling mimin suka. Jadi sesuai dengan judul drama ini, tentu akan menceritakan kisah seorang penyihir

Mirror of the Witch berkisah tentang seorang putri tunggal yang dilantarkan oleh orang tuanya, kemudian mendapat sebuah kutukan dari penyihir.

Seperti apa kelanjutan ceritanya, pastinya bakal seru banget, karena cerita fantasi yang menghubungkan dengan ilmu-limu sihir dan supranatural. Penasaran?

18. The Flower in Prison (2016)

drama kolosal korea terbaik sepanjang masa

Drama korea bertema kerajaan romantis selanjutnya adalah The Flower in Prison. Mungkin diantara semua judul drama pada postingan ini, hanya The Flower in Prison lah satu-satunya yang diproduksi lebih dari 30 episode.

Drama kolosal korea rilisan 2016 ini hadir dengan durasi yang cukup panjang, karena mempunyai jumlah episode yang mencapai 51 episode. Dengan episode sebanyak ini, tentu alur cerita dan ending drama ini bakal sangat maksimal.

Buat kalian yang nggak terbiasa akan scene-scene sedih, maka bersiaplah kalian untuk dibikin baper oleh drama korea kolosal yang satu ini, karena cerita melodrama yang disuguhkan benar-benar mak jleb sekali.

# Drama Korea Tentang Kerajaan Goryeo 2015

19. Six Flying Dragons (2015)

film kolosal korea romantis terbaik

Di urutan ke 19 ini, drama korea tentang kerajaan goryeo yang masih menceritakan seorang raja di dinasti joseon. Cerita akan berfokus pada karakter utama "Lee Bang Woon" yang jabatannya adalah sebagai raja ketiga setelah pendahulunya.

Salah satu keunikan dari drama berjudul Six Flying Dragons ini adalah, latar cerita yang sangat inspiratif. Film drama kolosal yang satu ini menggambarkan kisah 6 karakter inspiratif yang berjuang membangun sebuah negara baru, tak lain adalah negara joseon.

Ke enam karakter tersebut merupakan pejuang tangguh yang sangat mementingkan masa depan. Jika menyinggung jalan ceritanya secara keseluruhan, tentunya Six Flying Dragons ini nggak tertinggal dari unsur-unsur politik didalamnya.

Sangat menarik sekali, apalagi mengingat jumlah episodenya yang sangat banyak, yakni hingga 50 episode.

# Drama Korea Bertema Kerajaan 2012

20. The Crowned Clown (2012)

drama korea kolosal terbaik sepanjang masa

Drama korea tentang kerajaan jadul tetapi masih layak menjadi rekomendasi buat kalian. Berbeda dengan list drakor diatas, The Crowned Clown mungkin terbilang jauh lebih jadul, karena jadwal rilis yang sudah hampir mendekati 1 dekade ini.

Tetapi bukan masalah, terutama buat yang suka adegan-adehan peperangan dan berbau konspirasi, drama ini bakal cocok banget kalian tonton deh.

The Crowned Clown bercerita akan negara joseon yang sedang diambang kehancuran, kekacauan yang kian hari kian memburuk. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan perang saudara dan perebutan kekuasaan di wilayah tersebut.

Walaupun storynya menegangkan, drama kali ini pun dihadirkan dengan genre komedi yang siap bikin kamu ngakak.

Itulah daftar rekomendasi drama korea tentang kerajaan kolosal romantis dan terbaik. Nggak dipungkiri, banyaknya drama korea sejenis ini dijaman sekarang membuat kita bingung, tentang mana kah yang paling cocok untuk mengisi waktu luang kita. Meski demikian, kamu tak perlu khawatir, soalnya 20 list drakor diatas sangat rekomended masuk dalam watchlist kamu.