Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Game PSP Android yang Lancar, [HP Kentang Masuk!]

Game PSP Android yang Lancar - Dengan memanfaatkan emulator PPSSPP kita memang bisa memainkan semua game PSP mulai dari A-Z, tapi sayangnya tidak semua game PSP lancar saat kita mainkan. Alasannya?

Tentu, alasannya terletak pada game itu sendiri. Lantaran ada beberapa judul game yang membekali kualitas tinggi "diatas rata-rata", sehingga game ngelag / tidak lancar waktu dimainkan. Tapi, tentu saja ada banyak juga game PSP Android yang lancar dan ringan dimainkan.

Disamping itu, emulator PPSSPP juga masih jauh dari kata sempurna "dan masih terdapat banyak BUG" yang mengakibatkan game macet, lemot, sampai ngelag. Dibawah ini, saya telah menyediakan game PPSSPP Android yang lancar, khusus buat para pengguna HP kentang!!

# Game PSP Android yang Lancar

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya di artikel sebelumnya, Sebenarnya ada banyak sekali game PSP Android yang lancar sekaligus memiliki ukuran kecil. 

Langsung saja,! berikut adalah list / kumpulan game PPSSPP Android ringan, yang lancar di RAM kecil dan HP kentang! Cekidot...

1. Harvest Moon Hero Of Leaf Valley

game psp android yang lancar

Harvest Moon adalah judul game paling populer sejak dahulu. Berawal dari game boy adventure, hingga PlayStation One, sampai dirilis di PlayStation 2, dan konsol lainnya. Ada banyak sekali loh seri Harvest Moon.

Harvest Moon Hero Of Leaf Valley merupakan versi original Harvest Moon PSP. Jadi kalau kamu mau bermain game Harvest Moon Hero Of Leaf Valley maka harus memanfaatkan emulator PSP, karena seri ini tidak dirilis untuk konsol lainnya.

Kalian pastinya sudah tahu kan seperti apa game ini. Harvest Moon terbilang permainan santai yang bertema petani sekaligus peternak hewan. Pemain bisa memelihara berbagai jenis hewan, bercocok tanam, dan meng upgrade banyak hal, seperti rumah dan item-item.


2. Bomberman

game ppsspp android yang lancar

Game jadul yang masih sering mimin mainin sampe sekarang. Walaupun sederhana tapi Bomberman nggak kalah seru kalau dibandingkan dengan game jadul lain, seperti super Mario dan lain-lain.

Misi utama dari Bomberman ialah mengalahkan musuh dan halangan dengan boom. Semakin tinggi levelnya akan semakin susah. Bomberman pun termasuk game PPSSPP Android yang lancar, tidak membutuhkan spesifikasi tinggi untuk bermain.

Link Download: Bomberman

3. GTA Chinatown Wars

game psp android ringan

GTA Chinatown Wars pertama kali dirilis pada versi PlayStation One. Game ini berbeda dengan game PPSSPP GTA lainnya, dimana kamera / layar di GTA ini bersorotkan dari atas.

Menurut saya, secara kontrol memang sedikit kurang nyaman, tapi tetap seru. Grafis Grand Theft Auto - Chinatown Wars juga hanya berkualitas 2D saja. Bisa dibilang wajar, karena seri ini adalah versi PlayStation One yang dirilis di PlayStation Portable.

Beberapa kelebihan dari permainan ini ialah, game cukup lancar dan ringan. Kalian tidak perlu menggunakan HP spek gahar, bahkan HP kentang saja bisa bermain sangat lancar.


4. Final Fantasy Tactics: The War of The Lions

game ppsspp android ringan

Selain size nya super kecil, Final Fantasy Tactics: The War of The Lions tentunya lancar banget dimainkan. Kalau kamu sedang mencari game PPSSPP Android ringan, maka Final Fantasy Tactics: The War of The Lions salah satunya.

Game ini menggabungkan beberapa elemen yang bikin gameplay makin seru. Selain itu, walaupun cuma bermodalkan gaya 2D, grafisnya juga dirancang sangat unik yang mana menjadi gaya khas dari Final Fantasy.


5. Basara

game psp android yang lancar terbaik

Ada banyak banget permainan sejenis ini, sebut saja Dinasty Warriors dan lainnya. Basara memiliki tema yang mirip seperti Dinasty Warriors, tetapi banyak orang yang cenderung lebih menikmati gameplay Basara.

Sama seperti Final Fantasy, grafik dan desain karakter di game Basara juga sangat khas, yang menurut saya menjadi gaya / style nya sendiri. Gameplay juga menyenangkan, dengan map yang mudah dipahami.

Link Download: Basara

6. Def Jam

game ppsspp android yang lancar terbaik

Ada beberapa judul game Fighter yang paling populer di dunia, yang kita kenal tentunya adalah SmackDown, Tekken, Mortal Kombat, serta Urban Reign, hanya saja Urban Reign tidak tersedia di versi PSP. Selain judul-judul tersebut Daf Jam juga salah satunya loh.

Apabila kamu sering main game PS2 pasti pernah memainkan game Fighter yang satu ini kan?. Def Jam pertama kali dirilis di PlayStation 2, kemudian dirilis lah pada PSP.

dua versi ini masih membawa gameplay, karakter, dan mode yang sama. Hanya saja, untuk Def Jam PSP ada sedikit variasi tambahan yang bikin gameplay tambah menarik.

Link Download: Def Jam

7. Bakugan Battle Brawlers - Defenders of the Core

game psp android ringan terbaik

Lagi nyariin game grafis Anime?, jika iya maka wajib tau Bakugan Battle Brawlers - Defenders of the Core ini. Bakugan Battle Brawlers adalah permainan pertarungan kartu mirip Yu Gi Oh, tidak ada perbedaan signifikan selain gameplaynya.

Game PPSSPP grafis Anime ini memiliki kualitas grafis, gameplay dan kontrol yang baik, tentunya seru dan ringan dimainkan.


8. Bleach - Heat the Soul 7

game ppsspp android ringan terbaik

Tergolong game yang banyak banget seri nya. Di PSP juga ada beberapa seri dari game ini, termasuk Bleach - Heat the Soul 7. Bleach bisa dibilang game yang unik, karena tema seperti ini jarang ada di game lainnya.

Bleach adalah permainan pertarungan, pemain bisa mengontrol banyak karakter dengan skill unik mereka masing-masing. Pertarungan action menegangkan, serta menarik tentunya.


9. Bounty Hounds

game ppsspp yang nggak lemot

Game PSP Bounty Hounds hadir dengan beberapa elemen campuran termasuk third person shooter, gameplay game ini mengusung hack and slash sekaligus role-playing. Cocok banget dimainin kalo kamu pecinta game hack and slash.

Saat bermain Bounty Hounds, kamu akan disuguhi lebih dari 500 senjata unik yang bisa digunakan. Selain itu, banyak juga item ataupun perlengkapan, seperti baju besi, dan masih banyak lagi.

Link Download: Bounty Hounds

10. Monster Hunter All Series

game ppsspp yang paling lancar

Termasuk game PPSSPP Android yang lancar dan rekomended. Salah satu hal yang membuat saya suka dari Monster Hunter adalah tema dan style game nya. Game ini punya ciri khas tersendiri, kamu tidak akan menemukan game pertarungan monster seperti Monster Hunter ini. 

Di PSP ada sekitar 5 seri Monster Hunter yang dapat kamu mainkan, seperti Monster Freedom, Monster Hunter Portable 3rd dan lain-lain. Walaupun grafisnya sangat HD, tapi semua seri Monster Hunter PSP sangat lancar dan ringan.

Monster Hunter menjadi rekomendasi terbaik apabila kalian suka game bertema Adventure / petualangan.

Link Download: Monster Hunter

11. Crash - Mind Over Mutant

Crash - Mind Over Mutant psp

Game PSP android yang lancar selanjutnya, merupakan permainan adventure beat-'em-up, dimana kalian menjalankan karakter Crash Bandicoot, dan berpetualang untuk menyelesaikan misi.

Tugas utama dari Crash - Mind Over Mutant adalah mengungkap sebuah misteri, dan akan melibatkan kalian untuk berpetualang menjelajahi Pulau Wunpa, serta lingkungan sekitarnya.


12. Crash Tag Team Racing

Crash Tag Team Racing

Juga game PPSSPP yang lancar di Android kentang, ditambah lagi size nya kecil dan hemat memori. Di game Crash Tag Team Racing kalian masih mengontrol karakter yang sama seperti Crash - Mind Over Mutant, yakni sang protagonis utama "Crash Bandicoot".

Kedua game ini tentunya sangatlah berbeda, karena Crash Tag Team Racing bukan permainan adventure, melainkan adalah game racing "game balap mobil". Game ini punya keseruan tersendiri ketimbang game balap lainnya. Pemain bisa menembak lawan, dan bergabung dengan pembalap lainnya.

Link Download: Crash Tag Team Racing

13. Crisis Core - Final Fantasy VII

Crisis Core - Final Fantasy VII psp

Crisis Core Final Fantasy VII adalah game action role-playing, para pemain akan mengontrol karakter utama "Zack Fair". Walau kesannya seperti game berat, sebenarnya Final Fantasy VII merupakan game ppsspp yang lancar di android, bahkan walau HP kamu kentang sekalipun.

Crisis Core - Final Fantasy VII bakal ngajak kamu memenuhi misi sulit, dimulai dari mengalahkan para prajurit kroco, sampai menghancurkan berbagai mahkluk / monster raksasa yang pastinya nggak gampang.


14. Castlevania - The Dracula X Chronicles

Castlevania - The Dracula X Chronicles psp

Tentu saja game PSP Android yang lancar, soalnya Castlevania - The Dracula X Chronicles tergolong game sederhana. Game pertempuran ini memang terlihat sederhana sekali, tapi, tidak mudah untuk menyelesaikan semua misinya, karena tantangan akan semakin dipersulit sesuai level.

Game PPSSPP Android ringan tapi menantang dan seru. Secara keseluruhan game ini sangat baik, dan layak dimainkan, setidaknya bisa kita manfaatkan untuk mengisi hari-hari yang membosankan.


15. FIFA Street 2

FIFA Street 2 psp

Apakah FIFA Street 2 termasuk sebagai game PSP Android ringan dan lancar?, tentu saja. Tapi memang, jika kita membandingkan dengan beberapa judul game sebelumnya, FIFA Street 2 ini cenderung sedikit lebih berat. FIFA Street 2 bisa dimainkan secara lancar, tetapi dalam beberapa kasus sering patah-patah.

Nggak perlu dijelasin panjang lebar juga kalian pasti tau lah tentang game bola FIFA Street. FIFA Street 2 adalah game sepak bola jalanan, dimana pemain akan bertanding sepak bola di arena-arena jalanan.

Pertandingan di game FIFA Street terbilang lebih agresif dibandingkan game sepak bola pada umumnya, tetapi hal inilah yang memberi kesan tersendiri.

Link Download: FIFA Street 2

16. Digimon Adventure

Digimon Adventure

Digimon Adventure adalah permainan / game berbasis role-playing yang dikembangkan oleh developer Prope, yang kemudian diterbitkan di PSP oleh Bandai Namco pada tahun 2013.

Ini tergolong beda dari versi PlayStation 2, dimana Digimon kali ini lebih membawa tema Adventure, jadi sesuai dengan judulnya. Digimon Adventure akan mengajak kalian berpetualang dan mencari lawan untuk dikalahkan.

Link Download: Digimon Adventure

17. F1 Grand Prix

F1 Grand Prix psp

Game PSP Android ringan lainnya. F1 Grand Prix adalah permainan balap PPSSPP paling sering dimainkan, walau gamenya masih kalah jauh dibanding Underground dan Most Wanted, tapi bukan berarti nggak seru. Karna ketiga judul ini punya ciri khas dan gaya masing-masing.

Pada mode Quick Race game ini, para player bisa membuat lawan balapan secara acak melalui pengaturan. Dan setidaknya, ada beberapa mode yang harus pemain selesaikan untuk membuka kunci ke stage baru.

Link Download: F1 Grand Prix

18. Innocent Life - A Futuristic Harvest Moon

Innocent Life - A Futuristic Harvest Moon psp

Innocent Life - A Futuristic Harvest Moon pun terbilang game PSP Android yang lancar. Seri Harvest Moon kali ini nggak kalah seru loh dibanding versi Hero Leaf Valley. Suasana dan tempat di Harvest Moon ini sudah terlihat modern, berbeda dari seri yang lain.

Nggak seperti seri sebelumnya yang suasananya serasa jadul, dimana kalian akan menjumpai kendaraan seperti kereta, sekaligus mesin, untuk aktifitas sehari-hari.


19. Jackass The Game

Jackass The Game psp

Jackass: The Game memang game PPSSPP Android ringan, tapi boleh dibilang kalau Jackass adalah permainan tolol, game ini diadaptasi dari serial televisi "berjudul sama" yang menyajikan hal-hal ekstrim / sebuah atraksi yang nggak masuk akal.

Kalau kalian pernah menonton acara Jackass di YouTube, tentu kalian sudah bisa menebak seperti apa misi dari game ini.

Misi utama dari Jackass adalah hal-hal yang bersifat ekstrim, dan terkadang jorok, seperti contohnya tarik tambang, dimana kalian akan terjebur kedalam got berisi kotoran apabila kalah.

Link Download: Jackass The Game

20. LEGO Batman

LEGO Batman psp

Gameplay dari game PSP Android ringan kali ini tak boleh dianggap remeh, walau kesannya agak mirip game bocil, tapi LEGO Batman cukup sukses di semua seri game nya. Game Adventure ini selalu menjadi favorit setiap pemajn PlayStation 2, tentu termasuk saya sendiri.

Game ini akhirnya diterbitkan untuk PlayStation Portable beberapa tahun lalu. Pemain akan diajak berpetualang sekaligus menyelesaikan teka-teki, kamu juga harus mengalahkan para musuh dan mencari item yang diperlukan.

Link Download: LEGO Batman

Baca Juga:


# Akhir Kata

List rekomendasi game PSP Android yang lancar tersebut merupakan judul-judul game yang sudah saya mainkan di HP kentang, dan memang terbukti mampu berjalan lancar, ringan / alias tanpa kendala, seperti patah-patah, LAG dan sebagainya.

Jadi!, gimana sob, apakah setidaknya ada game yang membuat kalian tertarik? JIka ada maka tidak ada salahnya kalian coba mainkan. Cukup sekian pembahasan kali ini sob, semoga bermanfaat.