Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta Romantis

Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta - Drama korea selalu konsisten menyajikan jalan cerita yang inspiratif dan unik, selain itu adapun beberapa genre drama korea yang nggak jarang mampu memotivasi para penontonnya, salah satunya adalah drama korea persahabatan.

Drama korea bertema persahabatan juga bisa kamu temui melalui berbagai jenis genre, seperti film korea tentang persahabatan di sekolah, atau bercerita tentang lika-liku hubungan persahabatan yang terjalin dalam waktu lama namun hancur karena alasan tertentu.

Jika kita berbicara tentang drama korea bertema persahabatan, maka Dream High adalah yang paling fenomenal dimasanya. Namun ListPoin memilih untuk tidak memasukan Dream High pada list rekomendasi drama korea tentang persahabatan dan cinta kali ini, alasannya karena drama Dream High sudah terlalu jadul.

20 Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta Romantis Terbaik

Drama korea persahabatan berikut ini sangat saya rekomendasikan sekali untuk kamu tonton, karena ada beberapa judul yang menurut saya cukup inspiratif dengan jalan cerita yang memotivasi para penontonnya, so, langsung simak ulasan lengkap berikut ini ya!.

# Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta 2021

1. Start-Up (2021)

drama korea persahabatan

Start-Up, merupakan serial drama korea paling populer di tahun 2021, drama yang dibintangi Nam Joo-Hyuk dan Bae Suzy ini masuk sebagai top the best drama korea terbaik sepanjang masa. Jalan cerita dari drama ini tidak hanya membawa unsur-unsur romantis didalamnya, tetapi juga banyak hal yang bermanfaat dan memotivasi, seperti lika-liku perjuangan Nam Do San sebagai programer hingga menjadi sukses.

Start-Up sendiri mengisahkan tentang Nam Do San yang sejak kecil sangat hebat di bidang pemrograman hingga mampu menciptakan algoritma-algoritma canggih. Namun perjuangannya penuh lika-liku. Bersama dua sahabat dekatnya dia membuat perusahaan kecil bernama Sam San Tech, yang bahkan dimulai dari tempat kumuh dan tidak memungkinkan.

Tetapi perjuangan tiga sahabat karib ini benar-benar patut diacungi jempol, hingga suatu hari mereka di rekrut oleh perusahaan besar bernama Sandbox.

Selain merupakan drama korea tentang persahabatan, Start-Up juga membawakan unsur-unsur romantis yang sangat manis, bisa dibilang kisah cinta segitiga di drama ini sangatlah tragis dan menyentuh, tetapi endingnya benar-benar indah.

# Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta 2020

2. Hospital Playlist (2020)

drama korea tentang persahabatan

Melihat melalui judul drama kali ini, tentunya menceritakan soal dunia kedokteran, tetapi tak hanya itu. Hospital Playlist pun merupakan salah satu serial drakor yang membawa unsur-unsur persahabatan, bahkan kisah persahabatan di drama ini cukup menarik "drama korea persahabatan romantis".

Hospital Playlist mengisahkan lima dokter yang telah menjalin persahabatan sejak masa-masa kuliah. Mereka memasuki universitas yang sama, hingga sukses menjadi dokter hebat di rumah sakit yang sama.

# Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta 2019

3. Met You Again (2019)

drama korea cinta segitiga dalam persahabatan

Film korea tentang persahabatan di sekolah yang akan mengajarkan kita banyak hal, seperti betapa pentingnya menjalin ikatan pertemanan dan persahabatan, dan betapa pentingnya memiliki tempat keluh kesah di kehidupan.

Met You Again berpusat pada tokoh Ji Soo yang selalu percaya bahwa teman adalah sesuatu yang penting dalam hidupan. Namun dirinya memiliki sebuah rahasia, dan seorang teman yang mengetahui rahasianya suatu hari dipindahkan pada kelas yang sama.

4. Never Twice (2019)

drama korea sahabat jadi cinta

Film persahabatan korea berikutnya adalah Never Twice. Cerita drama ini berpusat pada Geum Bak Ha yang merupakan gadis dari pedesaan, dia bukanlah orang kota dan sangat awam tentang hal-hal baru, namun dia cukup cerdas dalam banyak hal.

Geum Bak Ha memutuskan untuk dinggal di ibukota Seul dan tinggal di Paradise Inn. Sementara itu, kita akan diperkenalkan dengan tokoh penting lainnya, yakni Na Hae-Joon, dia adalah bocah sultan yang merupakan cucu dari pemilik hotel bintang lima.

5. My First First Love (2019)

drama korea tentang sahabat jadi cinta

Sebut saja drama korea sahabat jadi cinta. Cerita My First First Love diawali dari seseorang yang selalu merasa dirinya Perfect alias serba sempurna dan seakan memiliki segalanya, namun sebenarnya terdapat fakta mengejutkan. Yakni kenyataan bahwa dirinya hanyalah berpura-pura dan menderita.

Dia memiliki lima sahabat yang berusia 20 tahun, mereka semua meninggalkan rumah karena impian dan tujuan mereka masing-masing. Kita juga akan melihat kisah-kisah persahabatan yang penuh dengan lika-liku dalam kehidupan mereka.

6. Monchouchou Global house (2019)

film persahabatan korea romantis

Monchouchou Global house, drama korea romantis tentang persahabatan paling inspiratif. Plot ceritanya cukup menarik dan mengajarkan kita tentang betapa pentingnya membangun aset untuk masa depan.

Dong Jin Woo adalah pria sultan yang merupakan pekerja keras, dirinya diakui kehebatannya dalam investasi saham. Walau kehidupannya di masa lalu sangat tidak memungkinkan, tetapi berkat kerja keras dan ilmu yang dia pelajari dari neneknya, dia berhasil sukses, menjadi investor hebat yang telah mengumpulkan banyak aset.

# Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta 2018

7. Eulachacha Waikiki (2018)

drama korea tentang persahabatan dan cinta

Untuk drama korea persahabatan jadi cinta kali ini, sebenarnya ListPoin sudah pernah mengulasnya dibeberapa artikel sebelumnya. Eulachacha Waikik lebih sering dikenal sebagai drama korea komedi, tetapi unsur-unsur persahabatan di Eulachacha Waikik ini benar-benar sangat kental.

Eulachacha Waikik mengisahkan tentang ikatan persahabatan yang begitu kuat pada beberapa karakter. Mereka menyewa sebuah tempat bernama Waikiki dan tinggal bersama, hingga layaknya sebuah keluarga.

Setiap karakter mempunyai impian mereka masing-masing, seperti mimpi untuk menjadi seorang aktor, penulis, dan lain sebaginya. Namun kehidupan mereka sangatlah sulit, dikarenakan nasib sial yang selalu datang pada keseharian mereka.

8. A Teen (2018)

film korea sahabat jadi cinta romantis

A Teen, adalah yang paling cocok untuk para remaja, karena alur drama ini menggambarkan tantangan dari kehidupan seseorang saat memasuki masa-masa remaja. A Teen sendiri adalah drama korea persahabatan sekolah yang banyak cukup memotivasi, dengan jalan cerita yang inspiratif.

Buat kamu yang masih suka nonton drama korea genre school romantis, mungkin A Teen adalah pilihan yang paling tepat. Apalagi mengingat plot twist nya yang masih terbilang fresh.

9. Just Dance (2018)

drama korea persahabatan jadi cinta

Drama korea tentang sahabat jadi cinta?, walau alur romantis di drama ini nggak terlalu difokuskan, tetapi Just Dance adalah salah satu drakor yang paling mimin rekomendasikan buat kamu tonton.

Sinopsis Just Dance: Menceritakan sekolompok remaja yang memiliki ambisi dan impikan berbeda beda dalam kehidupan mereka. Secara kehidupan mereka memang bukanhal yang mudah, ada banyak jalan yang harus mereka tempuh untuk mewujudkan impiannya.

10. You Drive Me Crazy (2018)

drama korea bertema persahabatan

Urutan berikutnya drama korea romantis tentang cinta dan persahabatan adalah You Drive Me Crazy. Sinopsis singkatnya: mengisahkan persahabatan dua teman yang sudah terjalin selama 8 tahun, bahkan ikatan persahabatan mereka sudah layaknya kakak beradik.

Eun Sung saat ini berprofesi sebagai penerjemah bahasa, yang menghabiskan kesehariannya bersama sahabat dekatnya, mereka selalu menghabiskan waktunya secara bersama sama, dan nggak jarang menyinggung tentang cinta.

# Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta 2017

11. Fight For My Way (2017)

drama korea tentang teman jadi pacar

Jika kalian bertanya tentang drama korea teman jadi cinta? Maka Fight For My Way adalah salah satunya. Fight For My Way membawa kisah persahabatan yang sangat menarik diantara 4 karakter penting, terutama adalah hubungan antara Dong Man dan Choi Ae Ra.

Sejak masih kecil mereka berdua telah menjadi teman dekat, bahkan hubungan mereka sudah seperti kakak beradik karena saking dekatnya. Nggak cuma itu, bahkan saat Choi Ae Ra mendapat gangguan oleh seseorang, Dong Man selalu menjadi perisai baginya dan nggak segan untuk menghajar siapapun yang mengganggunya.

Hubungan mereka yang awalnya hanya sahabat akhirnya berubah menjadi cinta, hal ini dikarenakan Choi Ae Ra memiliki perasaan kepadanya sejak masih kecil. Walau Dong Man awalnya hanya menganggapnya sebagai teman dekat, tapi berkat ketulusan Choi Ae Ra, akhirnya ia sadar bahwa ia layak untuk mendapatkan balasan atas perasaannya yang begitu tulus.

12. 20th Century Boy And Girl (2017)

drama korea tentang persahabatan 2017

Drama korea tentang persahabatan 2017 yang masih sangat populer hingga saat ini. Alasnya karena 20th Century Boy And Girl mempunyai cerita yang super menarik. Di drama ini, kamu nggak cuma diperlihatkan soal persahabatan beberapa karakter, namun juga keluh kesah dan hubungan percintaan mereka.

Cerita 20th Century Boy And Girl mengisahkan seorang wanita yang mempunyai dua sahabat karib selama bertahun-tahun. Mereka semua adalah wanita lajang yang usianya sudah menginjak 35 tahun.

Drama ini akan memperlihatkan kita tentang wanita-wanita lajang yang berjuang untuk mendapatkan cintanya.

13. School 2017

film korea tentang persahabatan di sekolah

School 2017, drama korea tentang persahabatan di sekolah yang bakal bikin kamu sudah move on. Soalnya plot School 2017 ini juga bakal tertuju pada hubungan percintaan serta persahabatan yang rumit.

Selain tentang percintaan yang sangat romantis, School 2017 akan bercerita mengenai persahabatan yang hancur akibat sesuatu yang terjadi di masa lalu, mereka adalah Tae-Woon dan Song Dae Whee.

Jika kamu sedang mencari drama korea tentang teman jadi pacar tetapi dengan cerita yang rumit, maka School 2017 wajib masuk watchlist kamu.

14. Hit The Top (2017)

drama korea teman jadi cinta

Masih di drama korea tentang persahabatan dan cinta. Hit The Top memang bukan serial drama yang populer, meski demikian, serial drakor yang satu ini patut sekali kamu tonton.

Hit The Top mengisahkan persahabatan remaja yang penuh dengan lika-liku panjang. Mereka semua berjuang untuk meraih impiannya masing-masing. Namun sayangnya kehidupan remaja bukanlah sesuatu yang mudah.

Drama korea yang mengajarkan kita tentang perjuangan dalam menggapai cita-cita dan hubungan percintaan yang tidak pernah berjalan sesuai keinginan.

# Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta 2016

15. Cheese in the Trap (2016)

drama korea tentang persahabatan di sekolah

Judul drama korea romantis kali ini adalah drama korea cinta segitiga dalam persahabatan. 

Sinopsis Cheese in the Trap: Dimulai dari persahabatan Yoo Jung dan Baek In Ho, mereka adalah sahabat dekat sejak masih kecil, bahkan Baek In Ho telah dianggap sebagai saudaranya sendiri oleh ayah Yoo Jung. Hubungan mereka selama bertahun-tahun memang tidak pernah bermasalah.

Namun suatu hari Yoo Jung mendengar perkataan Baek In Ho yang berkata buruk tentangnya. Hal ini menjadi awal dari hancurnya persahabatan mereka.

Saat dewasa mereka terlibat cinta segitiga karena mencintai gadis yang sama, yakni Hong Seol. Hong Seol tidak mengetahui jika mereka berdua memiliki masa lalu yang rumit.

Bagaimana, apakah kamu penasaran akan ending dari kisah cinta segitiga mereka?, nggak ada salahnya untuk menonton

16. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

drama persahabatan anak sekolah

Sebut saja sebagai film korea tentang sahabat jadi cinta. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo menurut saya sangat keren kalau soal hubungan persahabatan dan percintaan. Selain itu alur cerita Weightlifting Fairy Kim Bok Joo juga terdapat unsur-unsur komedi yang seru.

Kim Bok Joo adalah wanita super kuat karena dirinya merupakan Atlet angkat besi, sementara Joon Hyung adalah Atlet perenang profesional. Mereka berdua sudah pernah saling mengenal saat duduk di bangku SD, hanya saja Bok Joo tidak mengingatnya.

Joon Hyung sangat menyukainya sejak SD, hingga dipertemukan kembali di universitas yang sama, diapun selalu berusaha mendekatinya hingga persahabatan mereka terjalin kembali. Namun itu baru permulaan, karena sejak awal Joon Hyung menyukainya sebagai wanita.

17. Entourage (2016)

drama korea persahabatan sekolah

Buat kalian yang suka nonton drama korea dengan cerita yang santai, mungkin Entourage bisa menjadi pilihan terbaik. Drama ini nggak berfokus pada konflik-konflik besar, dan alur ceritanya terbilang santai tetapi sangat seru.

Selain itu, film korea tentang sahabat jadi cinta ini memperlihatkan hubungan persahabatan antara karakter utama dan karakter penting lainnya. Entourage bercerita sekelompok tim produksi film yang menempuh dari masa-masa sulit, namun akhirnya memenangkan penghargaan besar.

18. Age Of Youth (2016)

drama korea romantis tentang persahabatan

Nggak kalah seru!, Age Of Youth bisa dibilang adalah judul drama korea tentang persahabatan dan cinta yang paling menjadi favorit saya. Karena apa?, karena drama ini benar-benar mengisahkan ikatan persahabatan remaja yang cukup kuat, bahkan ada banyak hal yang akan kalian pelajari melalui serial drama ini.

Sinopsis Age Of Youth: Tertuju pada sekelompok mahasiswa yang hidup bersama di sebuah rumah besar, yang secara tidak langsung mereka mengubahnya menjadi asrama. Masing-masing karakter memiliki tujuan mereka tersendiri.

Ada banyak hal menarik yang akan kita lihat melalui Age Of Youth, seperti sosok pekerja keras yang selalu sibuk untuk mencari uang tambahan, adapun kepribadian lain dari masing-masing karakter, seperti sosok gadis pemalu dan masih banyak lagi.

# Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta 2015

19. Porseverance Goo Hae Ra (2015)

film korea tentang sahabat jadi cinta

Jangan salah, meski merupakan serial drakor lawas tetapi Porseverance Goo Hae Ra masih sangat layak untuk kalian tonton, karena selain tentang percintaan, ada banyak juga motivasi-motivasi yang akan kamu dapatkan melalui serial Porseverance Goo Hae Ra ini.

Sinopsis Porseverance Goo Hae Ra: Menceritakan sosok gadis berusia 21 tahun. Goo Hae Ra adalah wanita pejuang yang memiliki impian menjadi seorang penyanyi nge-top di korea selatan.

Sosok pejuang ini telah mengikuti banyak kompetisi ajang bakat untuk mewujudkan mimpinya. Namun sesuai dengan alur cerita. Tentu hal tersebut bukan sesuatu yang mudah, pasalnya cerita drama selalu melibatkan konflik untuk mencapai endingnya.

# Drama Korea Tentang Persahabatan dan Cinta 2014

20. You're All Surrounded (2014)

film sahabat jadi cinta korea

Untuk yang terakhir, kali ini sedikit berbeda guys, karena You're All Surrounded bukan bercerita soal remaja ataupun anak sekolah, melainkan persahabatan para detektif.

Sinopsis You're All Surrounded: Berkisah tentang empat detektif rookie yang baru saja bergabung di kepolisian. Mereka adalah pemula yang masih belum mempunyai pengalaman apapun di lapangan.

Cerita klimaks drama ini akan menunjukan sosok sahabat yang kompak dan saling melindungi saat menjalankan misi-misi berat

Demikianlah ulasan saya kali ini terkait drama korea tentang persahabatan dan cinta. Semua drakor diatas membawa keunikannya sendiri "masing-masing" pada jalan ceritanya. Jika kalian lebih suka tentang cerita remaja, maka School 2017 dan Weightlifting Fairy Kim Bok Joo adalah yang paling saya rekomendasikan.