Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Film Bullying Korea, Drakor Dark Story dan Tragis!

Film Bullying Korea - Drama korea school selalu dikenal akan jalan ceritanya yang selalu menarik, berbeda dengan serial drama lainnya. Selain tentang percintaan kita juga bisa menemukan hal menarik lainnya seperti "drama korea pembullyan di sekolah".

Drama korea tentang pembullyan - Secara mungkin terdengar sangat umum, namun pada kenyataanya plot twist seperti ini sangat unik dan jarang diadaptasi oleh film-film dari negara lain.

Jika kita berbicara tentang serial drama korea, mungkin tema seperti ini bukan lagi sesuatu yang wow, karena jalan cerita film "drama korea tentang bullying di sekolah" sudah sering diproduksi oleh negara yang satu ini.

# Film Bullying Korea

Rekomendasi drama korea tentang bullying di sekolah berikut ini nggak cuma bercerita tentang kejamnya kehidupan di sekolah saja, namun juga dibumbui dengan alur cerita romantis loh. Penasaran?, apa saja kumpulan judul drama korea tentang pembullyan berikut ini?, simak selengkapnya!.

1. The Penthouse (2021)

film bullying korea

The Penthouse adalah serial drakor yang sempat trending di akhir tahun 2020 lalu, sementara untuk saat ini, drama yang sempat menjadi perbincangan hangat publik ini telah mendapatkan season 2, sebagai kelanjutan dari cerita sebelumnya.

Pada dasarnya The Penthouse bukanlah serial drakor yang memiliki inti cerita anak sekolahan, namun diperlihatkan sedikit mengenai kisah Bae Ro Na. Seorang perempuan biasa yang tengah menjadi sasaran empuk oleh perempuan bernama Yoo Je Ni. 

Bae Ro Na mempunyai sebuah impian untuk memasuki sekolah seni bergengsi, namun impiannya terhalang oleh Yoo Je Ni, yang statusnya sebagai anak dari keluarga elit. Kehidupan Bae Ro Na pun mulai tercekam, dimana ia selalu mendapati fitnah, pelampiasan hingga perlakuan buruk lainnya.

Jalan cerita drama ini secara keseluruhan cukup menarik, namun juga membawai konflik-konflik yang rumit, mengingat The Penthouse juga bertemakan kriminal dan cerita kekeluargaan. Jadi gimana sob, penasaran?, bagaimana cerita kelanjutan drama korea tentang bullying di sekolah kali ini?

2. The Uncanny Counter (2020)

film korea tentang bullying

The Uncanny Counter berceritakan tentang sekelompok pemburu roh jahat, yang ditugaskan untuk melenyapkan sekaligus menyelamatkan jiwa-jiwa seseorang yang terjebak didalamnya. 

Counter sendiri adalah sebutan dari kelompok pemburu roh, yang beranggotakan beberapa orang, untuk menyembunyikan identitas, mereka menyamar sebagai pemilik sekaligus pekerja di sebuah restoran.

Para Counter sendiri pada dasarnya adalah orang-orang yang telah berada diambang kematian, namun mendapat keberuntungan "terpilih" dan diberkahi kekuatan roh oleh para roh suci.

Inti cerita berfokus kan pada seorang murid SMA bernama So Moon, dia memiliki cacat fisik yang disebabkan oleh kecelakaan di masa lalu, yakni satu kaki yang berjalan pincang. Karena hal tersebut So Moon selalu diperlakukan buruk oleh teman sekelasnya, mulai dari pemerasan, perundungan dan perlakuan biadab lainnya.

Suatu datang seorang gadis misterius yang menyelamatkan dirinya dari pembullyan di sekolahnya. Lalu wanita itu mengatakan bahwa dirinya adalah seorang Counter "pembasmi roh jahat". Wanita bernama Ha-Na ini juga mengatakan bahwa So Moon juga salah satu orang yang terpilih sebagai Counter.

Meski awalnya menolak, pada akhirnya So Moon menyetujuinya dan bersedia menjadi anggota baru mereka sebagai seorang Counter. So Moon pun mulai diberi pelatihan untuk mengendalikan kekuatan roh miliknya.

Hal ini membuatnya mempunyai kekuatan fisik diluar normal, selain itu kecacatan fisik yang dia miliki juga sembuh secara ajib, dan dapat berjalan layaknya orang-orang normal.

Menurut saya The Uncanny Counter adalah drama korea tentang pembullyan terbaik. Drama ini akan menunjukkan scene-scene pembalasan dendam yang dilakukan oleh So Moon, setelah dirinya menjadi pengendali roh, ia "bertekad" memiliki misi untuk menghentikan orang-orang yang pernah merundungnya.

3. True Beauty (2020)

film korea bullying school

True Beauty menceritakan tentang sosok Im Joo Gyeong, yakni siswi SMA cerdas dan dirinya juga diakui sebagai gadis paling cantik dikelasnya. Sebagai seorang perempuan Joo Gyeong kerap berlatih tentang make up dan riasan secara otodidak, hingga menjadi perias yang hebat.

Joo Gyeong dikenal sebagai perempuan yang selalu ingin terlihat sempurna di mata orang lain, dengan memanfaatkan skill ber make up nya dia berhasil menarik perhatian banyak pria.

Disini akan digambarkan sosok kunci yang akan mengakibatkan konflik antara Joo Gyeong dan teman-temannya. Dimulai dari Lee Soo Ho yang menjadi satu satunya orang yang pernah melihatnya tanpa menggunakan make up.

Dan nampaknya wanita yang biasa dikenal sebagai bidadari sekolah ini mempunyai masa lalu yang kelam. Lantas seburuk apakah masa lalu Joo Gyeong?, apakah karena permasalahan fisik dimasa lalunya?

Drama korea tentang pembullyan yang juga mengangkat cerita romantis sebagai bahan pemanis alur ceritanya. Menarik sekali kita tonton.

4. Class of Lies (2019)

film korea tentang pembullyan

Di urutan ke empat drama korea tentang bullying di sekolah adalah Class of Lies. Class of Lies sebenarnya bukan sebuah drama yang menceritakan Kisah-kisah remaja karakter utamanya. Namun lebih tentang penyamaran untuk mengungkap sebuah misteri yang ada di sekolah.

Sinopsisnya berceritakan Moo Hyeok, dia adalah seorang pengacara terhebat dan terbilang salah satu lelaki yang tergila gila dengan uang. Suatu hari dia harus memilih jalan yang sulit yang membuatnya harus terlibat dalam kasus-kasus misteri yang terjadi sebuah sekolahan.

Moo Hyeok pada akhirnya menjalani perannya sebagai seorang guru honorer, dalam hal ini, dia juga melakukan upaya penyelidikan tentang sebuah kasus pembunuhan yang terjadi di sekolah menengah.

5. He is Psychometric (2019)

film tentang bullying di sekolah

Salah satu drama korea pembullyan di sekolah yang mengangkat cerita fantasi. Drama ini menceritakan tentang Lee An, seorang siswa SMA yang sejak masih kecil mempunyai kemampuan misterius, yakni psikometri.

Psikometri adalah kemampuan khusus yang membuat Lee An mampu melihat apa yang telah terjadi di masa lalu, hanya dengan menyentuh objek tertentu. Contohnya apabila dia menyentuh seseorang, maka dia akan mengetahui semua hal yang pernah di lakukan oleh orang tersebut, baik tentang keseharian, ataupun tentang masa lalu yang di pendam.

Sementara digambarkan juga kisah Yoon Jae-In yang mempunyai masa lalu kelam. Dia juga salah satu murid yang menjadi korban perundungan alias korban bully teman sekelasnya.

Setelah lika-liku yang dialami oleh kedua pasangan ini, akhirnya dipertemukan kembali setelah dewasa. Lee An bergabung sebagai investigator yang menangani kasus-kasus misterius dengan memanfaatkan kekuatannya. Sementara Yoo Jae-In tengah bekerja sebagai detektif wanita.

6. Beautiful World (2019)

drama bullying di sekolah

Berawal dari kisah cinta yang rumit, cinta segitiga yang mengakibatkan konflik super besar di sekolah dan keluarga mereka masing-masing. Park Sun Ho adalah lelaki yang terlibat dalam kasus cinta segitiga tersebut.

Semasa hidupnya Park Sun Ho dikenal memiliki sikap yang baik kepada semua orang, namun dia selalu di bully oleh temannya, selama bertahun-tahun. Meski demikian, dia tak pernah sekalipun melibatkan masalahnya kepada orang tua ataupun kepada gurunya.

Suatu hari terjadi pertengkaran hebat di atap sekolah, membuat Park Sun Ho terjatuh dan mengalami koma dalam waktu sangat lama. Namun fakta mengenai kasus tersebut di tutup-tutupi oleh petinggi sekolah dan di klaim sebagai tindakan bunuh diri.

Beautiful World menurut saya adalah drama korea pembullyan di sekolah berlatar cerita paling rumit. Karena ada banyak hal tak terduga yang akan terjadi di drama ini.

7. Revenge Note (2017)

drama korea kembar bullying

Revenge Note, drama korea sekolah tentang bullying selanjutnya. Revenge Note bercerita tentang perempuan yang selalu di rundung di sekolahnya. Dia selalu mendapati perlakuan yang tidak nalar, mulai dari kekerasan fisik, hingga dijebak sebagai pelampiasan pihak tertentu.

Pada suatu hari dia mendapatkan pesan misterius yang berisi tentang aplikasi Revenge Note, dalam pesan tersebut juga dijelaskan bahwa Revenge Note dapat membantunya keluar dari penderitaan.

Sontak, dia pun merasa kaget, karena aplikasi misterius ini benar-benar bekerja secara ajaib untuk membalas dendam kepada salah satu teman di kelasnya.

Revenge Note memiliki konsep yang mirip seperti halnya Death Note. Bedanya Revenge Note adalah sebuah aplikasi, dan hanya dapat digunakan untuk membalas dendam seperti, membuat target mengalami hal memalukan ataupun membuat keberuntungan mereka hilang.

8. Save Me (2017)

judul drama tentang bully

Drama korea sekolah tentang bullying memang selalu membawa kisah-kisah sedih dan memilukan, seperti halnya pada serial Save Me ini.

Save Me menceritakan tentang wanita yang sempat menjadi korban isu bullying di sekolahnya, tak hanya perlakuan memalukan saja yang telah dialaminya, dia bahkan kerap mendapatkan kekerasan fisik dalam aksi bullying tersebut.

Selain itu, diceritakan juga sekelompok remaja di sekolah yang melakukan bully / perundungan hingga korbannya tewas. Selain bertema melodrama dan Action, drama ini pun sangat berbaru misteri.

Bisa dibilang kasus-kasus pembullyan di Save Me ini cukup tragis. Melalui beberapa kejadian yang dialami oleh para siswa, suatu hari terungkap bahwa kasus-kasus yang pernah terjadi memiliki suatu kesamaan dan berhubungan.

Tentu saja sangat bikin penasaran, kita tak tau tentang siapakah dalang asli dari kasus-kasus pembullyan yang terjadi di sekolah tersebut?

9. School 2017

Drama Korea Tentang Bullying di Sekolah

Jika dibandingkan bandingkan dengan beberapa judul drama korea sekolah tentang bullying diatas, mungkin School 2017 masih tergolong kurang greget dan kurang menguras emosi. Karena pembullyan yang terjadi School 2017 nggak terlalu bar-bar.

School 2017 bercerita tentang Tae-Woon, dia adalah pria cuek yang hanya tertarik berhubungan dengan orang tertentu saja. Dia juga mempunyai masa lalu yang menyakitkan terkait persahabatannya bersama Song Dae-Whee, serta satu sahabat dekat yang telah meninggal.

Tae-Woon juga dikenal sebagai putra dari direktur sekolahan, meski merupakan ayah dan anak, namun mereka tidak pernah akbrab. Hal inilah yang membuat Tae-Woon selalu membuat masalah di sekolah, seperti mengacaukan jam pelajaran dengan jebakan jebakan yang dia buat..

Sementara dikisahkan juga perempuan cantik bernama Ra Eun Ho, dia tergolong wanita yang ceria, namun sedikit bermasalah pada pelajaran tertentu.

Walau pertemanannya selalu baik-baik saja, namun Ra Eun Ho telah dibenci oleh seseorang yang membuatnya selalu bernasib menyedihkan, seperti mendapati pelampiasan, bahkan hingga mengalami kekerasan fisik.

10. Solomon’s Prejury (2016)

film korea tentang perundungan

Solomon’s Prejury - drama korea sekolah bullying ini bakalan cocok ditonton, khususnya buat kalian yang menyukai hal-hal berbau misteri. Cerita Solomon’s Prejury diawali dengan kondisi sekolahan yang dikejutkan dengan kematian siswa laki-laki secara misterius.

Beberapa pihak mengatakan bahwa kasus kematian tersebut adalah perilaku bunuh diri. Akan tetapi, beberapa orang tertentu justru berfikir tentang kejanggalan mengenai hal tersebut.

Kasus ini sangatlah misteri, bahkan cerita klimaks dari Solomon’s Prejury akan selalu berfokus pada penyelidikan, dan pengungkapan sebenarnya mengenai kasus tragis tersebut.

11. Angry Mom (2015)

film korea tentang pembullyan

Angry Mom - drama korea tentang bullying di sekolah yang paling menguras emosi para penontonnya. Angry Mom menurut saya tak kalah keren dibanding judul-judul film korea tentang pembullyan sebelumnya.

Diawali dengan flashback kisah Jo Kang Ja, dia adalah gadis cantik dan terkenal tomboy di masa-masa SMA. Tak hanya itu, Jo Kang Ja bahkan diakui sebagai gadis paling ditakuti semasa SMA, karena kemampuan bela diri nya yang sangat hebat.

Semasa SMA tak ada satupun pria ataupun wanita yang mampu mengalahkannya. Namun suatu hari berada di titik rendah hidupnya, dia terlibat kebencian oleh kakak dari pacarnya sendiri, hingga suatu hari terjadi pertengkaran hebat antara mereka.

Dia berhasil selamat dari tikaman pisau yang tajam, sebagai gantinya dia kehilangan kekasihnya karena berusaha melindunginya "terbunuh oleh kakaknya sendiri". Sementara Jo Kang Ja mendapatkan pelecehan seksual hingga hamil.

Ia pun menjadi ibu rumah tangga, dan A-Ran adalah nama putrinya yang telah dewasa. Berbeda dengan Jo Kang Ja yang semasa remaja adalah wanita pemberani, A-Ran adalah gadis polos yang selalu menjadi korban bully temannya.

Ibunya yang merasa marah, dia rela memalsukan identitas dan menyamar sebagai siswi sekolah "bersama dengan anaknya".

Namun, Jo Kang Ja justru terlibat kasus-kasus mengerikan pada sekolah tersebut. Dia tak menyangka bahwa sekolah yang disinggahi putrinya ternyata menyimpan rahasia-rahasia gelap, dimulai dari kasus-kasus penggelapan dana pembangunan, hingga kasus hubungan guru bersama muridnya yang mengakibatkan tewasnya teman dekat A-Ran.

12. Who Are You: School 2015

drama korea tentang bullying 2020

Judul film korea tentang pembullyan kali ini mungkin tak asing lagi bagi beberapa orang. Pasalnya Who Are You: School diklaim sebagai the best drama korea genre school romantis dimasanya. Jika kita berbicara soal romace, tentu judul drama kali ini nggak kalah bikin baper.

Tetapi tak hanya itu, Who Are You: School juga terkenal akan tema bullying nya yang sangat sadis. Aksi-aksi bullying yang ada pada serial Who Are You: School ini terbilang sangat kejam, dimana perlakuan tersebut menimbulkan perlakuan bunuh diri.

Lee Eun Bi adalah gadis polos dan terkenal baik, namun kebaikan dan kepolosannya justru sering dimanfaatkan oleh orang lain. Dia selalu dirundung oleh perempuan di kelasnya, lantaran dia adalah anak dari orang kaya, dan mempunyai banyak teman yang membelanya.

Berbeda dengan Eun Bi yang tak pernah memiliki satupun teman di sekolah nya. Saking frustasinya, suatu hari dia nekad melakukan bunuh diri, dengan terjun ke sebuah danau besar.

Tak di sangka-sangka, dia di selamatkan oleh wanita yang ternyata adalah kembarannya. Nampaknya Eun Bi tak pernah tau jika dirinya mempunyai saudara kembar.

Eun Byeol berbeda dengan Eun Bi, dia adalah gadis pemberani yang selalu disegani teman sekelasnya. Suatu hari dia melakukan pembalasan demi adiknya.

Kisah drama ini cukup rumit dan unik, kita juga akan diperlihatkan dimana kedua anak kembar ini bertukar peran di sekolah.

13. Hi! School: Love On (2014)

film tentang bangkit dari bullying

Hi! School: Love On adalah salah satu drakor terfavorit. Drama ini tak hanya menarik pada alur romance nya saja, tetapi cerita fantasi yang sangat menakjubkan.

Dimulai dari malaikat yang menggunakan kekuatannya untuk menyelamatkan seseorang. Lee Seul Bi justru mendapat hukuman langit terkait hal tersebut. Nampaknya hal yang dia lakukan adalah sebuah kesalahan besar yang nelanggaf hukum alam.

Tanpa terduga, Lee Seul Bi berubah menjadi manusia dan tak bisa kembali ketempat asalnya. Meski telah berubah menjadi manusia Lee Seul Bi tidak kehilangan kekuatannya, dia masih bisa menggunakan kekuatan ajaibnya, hanya saja mempunyai resiko yang tinggi.

Demi menjadi manusia normal, dia tertarik untuk bersekolah, tetapi apa yang terjadi?, Lee Seul Bi yang polos ini malah justru selalu diperlakukan buruk oleh teman sekelasnya.

14. School 2013

judul film tentang bullying

Bisa dibilang School 2013 merupakan drama sekolahan yang namanya melambung tinggi setelah kepopuleran Dream High. Alur cerita School 2013 pun cukup berkaitan dengan kisah persahabatan.

Nam Soon adalah siswa SMA yang memiliki masa lalu gelap bersama sahabatnya yakni Park Eun Sung. Saat SMP mereka dikenal dengan kelompoknya yang paling di takuti dan mendapati julukan Tsunami.

Suatu hari Nam Soon melakukan kesalahan yang tak disengaja, membuat sahabat dekatnya "Park Eun Sung" mengalami patah tulang kaki. Eun Sung yang mempunyai cita-cita sebagai pemain sepak bola "impiannya hancur begitu saja", pada akhirnya pertemanan mereka pun hancur.

Saat SMA Nam Soon selalu di rundung, diperas, hingga selalu di hajar oleh teman di kelasnya, namun Nam Soon tak pernah membalas perbuatan mereka, dan selalu menuruti apapun keinginan mereka. Hal ini dikarenakan dia tak ingin hal dimasa lalu terulang kembali.

Tak ada satu pun yang mengetahui akan masa lalu Nam Soon sebagai anggota geng yang paling ditakuti. Hingga kebenaran terungkap setelah dipertemukan kembali dengan sahabat lamanya yakni "Park Eun Sung" yang secara tak sengaja memasuki sekolah yang sama.

Hubungan mereka berdua pun kembali rumit, perkelahian selalu terjadi setiap harinya. Meski demikian, sebenarnya Park Eun Sung masih selalu mengkhawatirkan mantan sahabatnya ini. Terbukti saat nyawa Nam Soon sedang terancam, dia selalu bergegas mencarinya dengan wajah yang histeris.

15. The Heirs (2013)

drama korea tentang bullying

Selain School 2013, The Heirs juga salah satu film drama korea tentang pembullyan yang jalan ceritanya terbilang tragis. Serial kali berfokus pada Cha Eun Sung, seorang perempuan dari keluarga yang tak mampu, serta anak dari pembantu konglomerat yang bersekolah di sekolah bergengsi.

Pembullyan yang terjadi di The Heirs ini nggak cuma soal cinta segitiga saja, bahkan hal ini diawali dengan status Cha Eun Sang yang sebagai perempuan miskin, tetapi menyinggahi sekolahan elit.

Hanya karena berbeda kelas, Cha Eun Sung selalu hidup tertekan. Meski tak ada kasus-kasus kekerasan fisik, akan tetapi, konflik antar bocak tengik ini membuat kekacauan di sekolah, hingga melibatkan kekeluargaan.

Bisa dibilang, The Heirs adalah drama korea tentang bangkit dari bullying, karena kita akan diperlihatkan perjuangan Cha Eun Sung melewati masa-masa sulit dalam hidupnya. 

Baca Juga:


Bagaimana sob?, apakah kalian tertarik dan penasaran dengan salah-satu judul film bullying korea tersebut?, mana sih yang menurut kamu paling rekomended untuk di tonton?