Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Perbedaan Film dan Drama yang Wajib Kamu Ketahui!

Perbedaan Film dan Drama - Film atau drama adalah sebuah tayangan gambar bergerak "seperti yang telah kalian ketahui secara umum". Akan tetapi, keduanya merupakan sesuatu yang berbeda. Lalu dimanakah letak perbedaan film dan series drama?.

Apakah film termasuk drama? - Mungkin sebagian dari kamu merasa penasaran mengenai persamaan film dan drama / perbedaan film dan drama. Pasalnya, meski terlihat sama, sebenarnya ada sebuah perbedaan mencolok antara film dan drama. Perbedaan paling umum dari kedua jenis tayangan ini adalah durasi.

# Perbedaan Film dan Drama

Perbedaan film dan drama

Berbeda dengan drama. Pada umumnya, film tidak diterbitkan dalam bentuk series, serta rata-rata hanya berdurasi 1,3 jam hingga 2 jam saja. Selain hal ini, tentunya masih ada beberapa hal yang menjadi perbedaan dari film dan drama. 

Film

Jelaskan 5 Perbedaan Drama dan Film

Secara umum, film merupakan sebuah perpaduan dari banyak hal, seperti seni fotografi, seni musik, seni teater, seni pantomim, seni puisi, seni arsitektur, seni novel, seni sastra, dan beberapa hal lainnya.

Penjelasan dari sebuah film dimulai dari kata cinemathography. Cinemathography memiliki 3 arti, yang pertama adalah cinema, yang diartikan sebagai bergerak, kemudian tho yang diartikan sebagai cahaya, serta graph yang berarti adalah gambar.

sehingga arti secara keseluruhan mengenai film ialah "gambar cahaya yang bergerak". Dan menurut penjelasan dari KBBI, pengetian film diartikan sebagai lakon "cerita" / atau gambar hidup. Sementara alat lukis dari film diartikan sebagai kamera.

Drama

Sebutkan Kelebihan Film dan Drama

Kata-kata drama ini awal mulanya berasal dari bahasa yunani "dromai", yang apabila diartikan adalah sebagai berbuat, bertindak, beraksi dan lain-lain.

Cerita dari sebuah drama,  pada umumnya akan melibatkan sesuatu yang menguras emosi dan penuh dengan konflik / konflik cerita yang terus menerus terjadi.

Baca Juga

# Jelaskan 5 Perbedaan Drama dan Film

1. Film Memiliki Durasi yang Lebih Lama, Tetapi dengan Alur yang Singkat

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal bahwa salah satu perbedaan paling mendasar antara drama dan film adalah sebuah durasi. Rata-rata durasi dari sebuah film adalah mulai dari 1,3 jam sampai 2 jam. Cukup panjang, tetapi alur cerita film jauh lebih singkat jika dibandingkan dengan drama.

Hal ini karena film tidak dibuat dalam bentuk series, lain halnya dengan cerita drama yang akan membawa banyak episode. Meski demikian, rata-rata durasi dari drama adalah 30 menit sampai 1 jam saja "per episode".

2. Cerita Drama dibuat dengan Banyak Episode

Seperti yang telah ListPoin singgung barusan, bahwa kebanyakan dari cerita drama dikemas dalam bentuk series / banyak episode. Episode dari drama pun cukup bervariasi, mulai dari 12 episode sampai ratusan episode.

Tetapi kalau ngomongin soal rata-rata, maka bisa dibilang bahwa rata-rata drama hanya membawa 12 episode sampai 16 episode saja, dengan durasi 30 menit hingga 1 jam per episodenya.

3. Drama Melibatkan Alur Cerita yang Penuh Konflik

Tidak seperti film. Dalam alur cerita, drama tergolong jauh lebih berkesan, dikarenakan cerita yang selalu melibatkan konlik tiada henti. Cerita yang penuh konflik merupakan perbedaan paling menonjol antara film dan cerita drama.

4. Emosi Karakter Drama Jauh Lebih Kuat

Dalam hal karakter, keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup besar. Karakter dalam sebuah drama selalu dibawakan dengan emosi yang meluap-luap, atau sederhananya adalah, pembawaan karakter drama jauh lebih hidup dan berjiwa.

Namun ini hanya sebagian kecil saja, selain hal tersebut "drama juga memiliki plot, alur dan pembawaan karakter yang jauh lebih ekspresif".

5. Sensasi Film dan Drama

Sensasi film dan drama tentunya cukup berbeda. Dalam hal ini sebenarnya ada banyak sekali yang menjadi poin penting. Salah satunya adalah dalam hal backsound. Umumnya sebuah film cenderung membawa sensasi yang lebih sunyi ketimbang serial drama.

# Sebutkan Kelebihan Film dan Drama

JIka kita membahas tentang kelebihan film dan drama, tentu semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Drama sendiri nggak jarang membawa cerita yang membosankan dan cenderung ber belit-belit, namun cerita drama jauh lebih berjiawa dan menguras emosi para penontonya.

Sementara itu, film juga memiliki banyak kelebihan ketimbang drama, salah satunya adalah cerita yang the poin dan jauh lebih ringkas.

Perbedaan standar produksi pun terlihat jelas. Film umumnya memiliki standar kualitas yang tinggi, mulai dari sinematografi, akting, hingga efek visual. Disisi lain "drama", meskipun tidak selalu memiliki standar setinggi film, namun menawarkan keragaman genre dan cerita yang lebih luas.

Akhir Kata

Seperti itulah kira-kira penjelasan mengenai perbedaan film dan drama. Secara keduanya memang sama, tetapi memiliki konsep yang berbeda. Film dan drama series juga sama-sama hiburan yang menyenangkan untuk kita saksikan.